India Tanggapi Sindiran Trump Soal Perpustakaan Di Afghanistan

Presiden AS Donald Trump mengatakan bahwa India memberikan 2 miliar dollar AS dalam bentuk pembangunan terhadap wilayah Afghanistan. India telah menolak komentar Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang mengejek Perdana Menteri Narendra Modi karena mendanai perpustakaan di Afghanistan.


Dikabarkan Al Jazeera, pemerintah India mengatakan bahwa India telah memainkan peran penting sebagai mitra pembangunan di Afghanistan, dengan proyek-proyek yang bertujuan mencapai peningkatan nyata dalam kehidupan rakyatnya.

Sebagai donor terbesar di kawasan ini, New Delhi telah membantu proyek-proyek infrastruktur, bantuan kemanusiaan, dan pembangunan ekonomi. Proyek-proyek itu meliputi jalan 218 kilometer, bendungan yang menyediakan irigasi bagi petani dan program pelatihan untuk lebih dari 3.500 warga Afghanistan di India.

New Delhi juga telah menyediakan 1,1 juta ton gandum ke Afghanistan serta rumah sakit 400 tempat tidur anak-anak yang dibangun pada tahun 1972 dan direnovasi setelah jatuhnya Taliban pada tahun 2002. [bdp