Ketum PAN Keluarkan 12 Perintah Bela Rakyat dan Umat

Partai Amanat Nasional (PAN) menargetkan perolehan kursi sebanyak-banyaknya di Pemilu 17 April mendatang.


1. Segenap kader PAN wajib mendasarkan perjuangannya pada nilai-nilai luhur agama dan pada saat yang sama selalu menjaga kebersamaan di tengah kemajemukan. Haram bagi kader PAN mempertentangkan keyakinan beragama dengan keharusan hidup bersama dalam kebhinekaan. Seluruh kader PAN wajib menegaskan bahwa beragama adalah fondasi berbangsa, sebagaimana Pancasila menaruh Ketuhanan Yang Maha Esa sebagai sila-nya yang pertama.
 
2. Haram bagi seluruh kader PAN berkhianat pada jatidiri PAN sebagai partai yang berkomitmen tegas memberantas korupsi, kolusi dan nepotisme. Wajib bagi seluruh kader PAN untuk menjalankan prinsip Fastabikul khairat, berlomba-lomba dalam kebaikan, untuk membangun Indonesia yang bebas, adil dan demokratis.
 
3. Haram bagi seluruh kader PAN menggadaikan kedaulatan bangsa. Segenap kader PAN wajib menjadi penjaga kedaulatan Ibu Pertiwi. Pilihan langkah dan kebijakan apapun yang diambil oleh kader PAN di manapun tak boleh berkhianat pada amanat pokok menjadi penjaga kedaulatan. Bagi kader PAN kedaulatan bangsa adalah harga mati.
 
4. Haram bagi kader PAN berpangku tangan. Segenap kader PAN wajib senantiasa aktif dan terpanggil dalam setiap persoalan kebangsaan dan keumatan.
 
5. Segenap kader PAN wajib selalu ada di tengah warga dan berjuang bersama warga. Meninggalkan warga adalah sebuah pengkhianatan yang tak ditoleransi. Kader PAN wajib berempati dengan masalah warga dan tergerak untuk bahu-membahu mengatasinya.
 
6. Tak hanya berempati, segenap kader PAN wajib menjadi pembela rakyat dan pembela umat. Kader PAN wajib berada di pihak kebenaran yang diperjuangkan oleh rakyat dan umat.
 
7. Maka, haram bagi segenap kader PAN menjadi sumber masalah. Kader PAN wajib menjadi solusi. Segenap kader PAN wajib proaktif memberikan jalan keluar atas masalah rakyat dan umat.
 
8. Haram bagi seluruh kader PAN cepat berpuas diri. Kader PAN wajib memelihara semangat perjuangan yang terus membara untuk memperbaiki keadaan. Kader PAN berkewajiban terus berikhtiar memperjuangkan hari ini yang lebih baik dari kemarin dan merebut esok yang lebih baik dari hari ini.
 
9. Segenap kader PAN di seluruh pelosok Tanah Air wajib terus berikhtiar menyentuh hati rakyat, menyentuh hati umat. Kader PAN wajib membesarkan harapan rakyat dan umat bukan dengan janji kosong. Kader PAN wajib memupuk harapan rakyat dan umat dengan membuktikan diri selalu bersama rakyat dan umat memperjuangkan kebaikan bersama-sama.
 
10. Segenap kader PAN wajib mematahkan logika mereka yang selalu sinis dan pesimis. Kader PAN wajib mematahkan logika orang-orang yang sinis dan pesimis itu bukan sekadar dengan pidato. Kader PAN wajib mematahkan logika orang-orang yang sinis dan pesimis itu dengan tak lelah membuktikan bahwa hasil tak pernah berkhianat pada ikhtiar. Bahwa hasil yang baik selalu tersedia bagi mereka yang senantiasa bekerja dengan keras, cerdas dan tuntas.
 
11. Segenap kader PAN wajib memenangkan suara rakyat dan suara umat. Dengan itu, Kader PAN memenangkan Pemilu 2019.
 
12. Segenap kader PAN wajib mengemban amanat rakyat dan umat sepanjang 2019-2024 sebagaimana kelak diamanatkan lewat Pemilu 2019. Segenap kader PAN wajib menjadi jembatan bagi rakyat dan umat yang hendak menjemput masa depan mereka yang gemilang.[aji]