Emil Dardak: Gerbangkertasusila Masuk Program Strategis Nasional

Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak mengatakan, kawasan Gersik-Bangkalan-Mojokerto-Lamongan (Gerbangkertasusila) masuk dalam tata ruang nasional. Wilayah itu akan menjadi Program Strategis Nasional (PSN) untuk dijadikan sistem transportasi kawasan.


Emil menjelaskan, pembahasan masalah transportasi Eastern Ring Road juga sudah dimulai seperti bagaimana menyambungkan dari tol bandara Juanda ke Utara menuju Suramadu karena itu juga startegis. Kemudian dari batas tol Gresik ke arah Suramadu bagaimana bisa menyambung.

"Kalau sudah bisa melingkar khan kemudian kita bisa memisahkan transport yang jarak pendek dengan yang jarak jauh. Ini yang kemarin sudah disampaikan Ibu Gubernur di dalam rapat terbatas dengan Presiden,” ungkap mantan Bupati Trenggalek ini.

Soal kapan realisasi pengembangan Gerbangkertasusila? Dengan lugas Emil mengatakan bahwa apapun yang bisa dilakukan di 2020 ya harus dilakukan, tetapi ada yang harus dilakukan study kelayakan dulu dan ada juga yang perlu detail engeenering desain (DED).

Diakui Emil, problem utama lingkar Gerbangkertasusila yakni mengatasi banjir di Kali Lamong dan hilir Sungai Bengawan Solo. Karena itu, apa yang sudah diprogramkan Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo itu bisa dimajukan ke 2020, jangan malah diundur karena sudah menjadi prioritas kawasan Gerbangkertasusila yang terhindar dari resiko banjir yang tinggi.[aji]