Mantap- 29 PAC Ansor Surabaya Solid Dukung Gus Abid di Konferwil

. Peluang Moh Abid Umar Faruq atau Gus Abid menjadi Ketua Pimpinan Wilayah Gerakan Pemuda Ansor Jawa Timur semakin terbuka lebar. Menjelang pelaksanaan Konferensi Wilayah GP Ansor Jatim di Ponpes Sabilurrosyad, Gasek, Kota Malang dukungan kepada cucu KH. Zainuddin Djazuli itu terus bertambah.


Menurut Ketua GP Ansor Kota Surabaya, Muhamad Faridz Afif dukungan kepada Gus Abid solid dan konkret. Karena dukungan itu diberikan oleh para Ketua PAC langsung. Praktis dengan dukungan 29 PAC plus 1 suara dari PC Ansor Kota Surabaya, Gus Abid mendapatkan 30 suara dari Ansor Kota Surabaya.

"Sebenarnya jumlah PAC se Kota Surabaya itu ada 31. Namun yang memiliki suara di Konferwil ada 29. Ditambah 1 suara cabang, maka Ansor Surabaya akan menyumbangkan 30 suara untuk Gus Abid. Saya jamin ini solid dan tidak berubah sampai hari H," tegas Afif.

Afif mengungkapkan, Ansor Kota Surabaya wajib mendukung Gus Abid karena sudah merasakan pembinaan Gus Abid saat memimpin PW Ansor, baik ketika menjadi Kasat Korwil Banser, Sekretaris Wilayah maupun Ketua PW GP Ansor Jatim selama 6 bulan terakhir.

Bahkan lanjut Afif, Gus Abid ikut menata organisasi Ansor Kota Surabaya yang sempat dilanda kepengurusan tandingan, hingga menjadi solid seperti saat ini. Karena itu tidak ada alasan untuk tidak mendukung putera Pondok Pesantren Al Falah, Ploso, Kediri tersebut.

"Pengabdian dan komitmen Gus Abid pada Ansor sudah tak perlu dipertanyakan lagi. Beliau punya andil dengan berdirinya gedung permanen PW GP Ansor Jatim. Nasabnya pun juga jelas, dari keluarga besar Ploso. Karena itu kami tidak hanya sekedar mendukung tapi juga berjuang sampai Gus Abid terpilih menjadi Ketua," imbuh Afif, putera politisi senior PKB, Ali Jacub.

Sementara itu, Gus Abid mengapresiasi dukungan yang diberikan PAC GP Ansor se Kota Surabaya berikut PC Ansor Surabaya. Ia mengaku semakin mantap menyongsong konferwil, karena syarat maju sebagai calon ketua sudah terpenuhi.

Gus Abid menjelaskan, sesuai aturan kandidat ketua harus mengantongi 4 dukungan dari Pimpinan Cabang (PC) dan 20 dukungan Pimpinan Anak Cabang (PAC). Saat ini Abid mengaku sudah mendapat dukungan lebih dari separuh Pimpinan Cabang yang memiliki hak suara di Konferwil dan ratusan dukungan PAC.

"Dari 38 PC yang memiliki hak suara, lebih dari separuhnya sudah berkomitmen mencalonkan saya. Jadi syarat formil untuk menjadi kandidat sudah terpenuhi. Restu dari keluarga besar Ploso dan Banyuwangi juga sudah turun. Tinggal bismillah saja," ujar alumni pasca sarjana Unair tersebut.

Untuk diketahui, sebelum pelaksanaan Konferwil yang akan diselenggarakan di Ponpes Sabilurrosyad, Gasek, Kota Malang pimpinan Ketua PWNU Jatim, KH. Marzuki Mustamar pada Ahad (28/7). Terlebih dulu akan dilaksanakan Pra Konferwil di Ponpes Progresif Bumi Sholawat, Sidoarjo, pimpinan Ketua Penasehat GP Ansor Jatim, KH. Agus Ali Masyhuri (Gus Ali) pada Ahad, (21/7). Dalam Pra Konferwil akan dilakukan validasi SK PAC dan PC calon peserta Konferwil oleh Tim Caretaker. Selain itu tata tertib (tatib) Konferwil juga dibahas dan diputuskan dalam Pra Konferwil. [mkd]