Bupati Gresik Lantik 264 Kades Terpilih

Bupati Gresik Sambari Halim Radianto didampingi Wakil Bupati Gresik Mohammad Qosim dan Ketua DPRD Gresik Sementara Abdul Qodir mengambil sumpah pelantikan Kepala Desa (Kades) periode 2019-2025


Bagaimanapun anda adalah miniature Pemerintahan di lingkup desa, anda adalah cerminan pemerintahan secara keseluruhan. Kalau anda semua Kades ini bagus, maka Kecamatan akan bagus, demikian juga Pemerintahan kabupaten juga bagus dan sampai Pemerintahan pusat juga akan bagus,” kata, Bupati Gresik Sambari Halim Radianto.  

"Ke 364 Kades yang dilantik ini, terdiri dari 251 Kades laki-laki dan 13 orang Kades perempuan. Dengan masa jabatan, ada 61 orang yang sudah menjabat untuk yang ketigakalinya. 82 Kades sudah menjabat Kades yang kedua. Namun, ada 121 orang yang baru pertama kali menjabat sebagai Kades," ujarnya.

Lebih lanjut menurut Sambari, pihaknya dalam waktu dekat akan membuat rencana pembekalan. Karena hal itu sangat penting bagi kebaikan para Kades, untuk mencegah mereka tersandung masalah hukum.

Kalau ada anggaran, kami akan melaksanakan pembekalan kepada para Kades. Sebab, mereka harus dibekali tentang aturan dan perundangan-undangan. Serta, pembekalan administrasi pedesaan dan administrasi penggunaan dana desa agar tidak terjadi kesalahan yang berujung pada masalah hukum,” tuturnya.

"Ada empat hal yang perlu ketahui dan anda lakukan, yaitu transparansi, akuntabilitas, pelibatan seluruh masyarakat desa dan disiplin tertib administrasi," imbau Sambari dalam sambutannya.

Masalalu yang kami maksud disini agar anda melupakan apa yang anda keluarkan saat mengikuti kontestasi Kepala Desa beberapa saat lalu. Lupakan, berapa uang dan tenaga yang anda keluarkan," tukasnya.

"Jangan berharap anda ingin mengembalikan dana serta tenaga yang sudah anda keluarkan. Yang penting anda harus merangkul semuanya. Terutama calon Kepala Desa yang tidak terpilih beserta tim suksesnya” tandasnya.[ren/bdp]