Polres Madiun Tanam 2.000 Sengon dan Sono di Lereng Gunung Wilis

Polres Madiun melaksanakan penanaman 2.000 pohon Sengon dan Sono di lereng Gunung Wilis, tepatnya di Desa Randu Alas, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun, Jumat (10/1).


Kapolres Madiun AKBP Ruruh Wicaksono mengatakan, progam ini digagas Kapolri Jenderal Idham Azis dan dilakukan secara serentak di semua Polda maupun Polres Jajaran se-Indonesia.

Polres Madiun dalam aksi gerakan penghijauan bertujuan menjaga keberlangsungan lingkungan pelaksanaannya pun ini bertepatan dengan peringatan hari Lingkungan Hidup Nasional dan hari Gerakan Sejuta Pohon Sedunia yang diperingati setiap tanggal 10 Januari.

Sekedar diketahui, pohon sengon dan sono dipilih untuk ditanam karena fungsi dari pohon ini adalah untuk mencegah erosi, menyerap air dan menghasilkan oksigen yang bermanfaat bagi manusia.

"Pada prinsipnya kita memanfaatkan lahan kosong di lereng gunung Wilis. Wilayah Kecamatan Kare dipilih karena merupakan representasi area pegunungan yang melambangkan daerah hijau dengan udara yang sejuk," ujar AKBP Ruruh Wicaksono.

Kapolres mengimbau agar kegiatan ini jangan sampai hanya sebatas seremonial saja. Tetapi harus ada tindak lanjut agar pohon-pohon yang telah ditanam bisa tumbuh berkembang.

Pihak desa, kecamatan dan Polsek setempat juga bertanggungjawab untuk melakukan pemeliharaan dan pengawasan sehingga pada akhirnya bermanfaat bagi masyarakat.

"Kita tidak bisa mengawasi terus bagaimana pohon ini tumbuh besar, oleh karena itu kita titipkan pada masyarakat dan kepolisian setempat. Saya yakin perkembangannya bisa terpantau nanti," tegas kapolres.

Hal senada juga disampaikan Bupati Madiun Ahmad Dawami yang akrab disapa Kaji Mbing berpesan agar generasi saat ini jangan sampai mewarisi air mata kepada generasi yang akan datang. Tetapi warisi lah generasi penerus dengan mata air.[mas/aji]