Pemkab Kediri Bantu Pemerintah Pusat Sosialisasi Pembangunan Bandara Udara I

Sejumlah warga yang hingga sampai sekarang ini masih enggan menjual aset bangunan rumah mau pun tanah untuk pembangunan bandara Kediri Jumat 24 Januari 2020 Siang mendatangi gedung SKB Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri.


Puluhan warga desa ini diundang datang,oleh Pemerintah Pusat melalui Pemerintah daerah sebagai fasilitator terkait pemberian sosialisasi pembangunan Bandara Udara Kediri.

Selain warga desa sejumlah pejabat turut hadir, diantara Seketaris daerah Pemerintah Kabupaten Kediri Dede Sujana, Kepala BPN Kabupaten Kediri, Ketua Psngdilan, Kapolres Kediri Kota serta Mayor Infantri Bagja Sirait selaku Staff Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi RI.

Dalam pemaparannya Mayor Infantri Bagja Sirait selaku perwakilan dari Pemerintah Pusat megeaskan jika pembangunan Down Breaking akan mulai dilaksanakan tanggal 16 April 2020 mendatang. Keputusan ini diambil setelah pihak Pemerintah pusat menggelar rapat di Jakarta beberapa waktu lalu dengan melibatkan Kementrian terkait. Antara lain Mentri ATR, Dinas Perhubungan serta intansi lainya. Rapat ini diketui oleh Mentri Kordinator Maritim bidang Investasi.

Ditegaskan Bagja Sirait jika upaya pembebasan lahan saat ini sudah mengalami progres 99 persen,tinggal menyisikan 1 persen lagi.Terdata untuk lahan yang belum dibebaskan mencakup 3 desa yakni desa bulu Sari, Desa Grogol serta desa Kecamamatan Tarokan Kabupaten Kediri.

"Ditekankan bahwa Pemerintah sangat konsen dengan warga yang tidak mampu. Tetapi Pemerintah tidak akan suka dengan makelar, yang mencari kesempatan dalam kesempitan untuk mencari keuntungan dalam pembebasan lahan. Pemerintah akan menindak tegas, tetapi untuk warga yang tidak mampu akan ditolong," tandasnya.[kominfo/adv]