Mahasiswa Unair Yang Berjiwa Wirausaha Dapat Beasiswa, Ini Syaratnya

Mahasiswa Unair Yang Berjiwa Wirausaha Dapat Beasiswa, Ini Syaratnya

Mahasiswa Universitas Airlangga (Unair) yang memiliki jiwa usaha atau menggeluti dunia wirausaha mendapat beasiswa dari Laznas Bank Mandiri Syariah (BMS)  senilai Rp 2,4 miliar. Beasiswa yang diberikan melalui Islamic Sociopreneur Development Program (ISDP) itu akan diberikan dalam bentuk biaya akademik dan modal untuk membangun usaha yang dapat memberdayakan masyarakat.


"Jiwa socioenterpreurship menjadi hal utama yang ingin dibawa dalam perealisasian program ISDP. Sociopreneur tidak hanya akan mengembangkan diri sendiri, namun juga pada orang lain. Sociopreneur ini sama halnya dengan logo Unair  yang dipakai oleh para ksatria Airlangga. Hubungannya ini sama logo, sama-sama memberi manfaat bagi orang lain,” tutur  Kepala Kantor Wilayah Bank Mandiri Syariah Jawa Timur, Gunawan Arif Hartoyo, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Selasa (4/2).

Penyerahan beasiswa yang bersamaan dengan acara Talkshow Young Entrepreneur di Aula Garuda Mukti, Kantor Manajemen Kampus C Unair, dilakukan  oleh Kepala Kantor Wilayah Bank Mandiri Syariah Jawa Timur Gunawan Arif Hartoyo kepada Wakil Rektor I UNAIR Prof. Dr. Ni Nyoman Tri Puspaningsih, Dra., MSi.

Sementara itu Prof Nyoman menjelaskan bahwa ISDP merupakan program kombinasi dua hal, yakni beasiswa untuk mahasiswa dan modal usaha untuk mencetak sociopreneur bagi mahasiswa UNAIR. Peluang ini dapat diambil oleh mahasiswa UNAIR untuk mengembangkan perekonomian masyarakat.

“Dengan mengembangkan ide, kreativitas, dan inovasi, peluang itu dapat mengajak masyarakat menjadi lebih mandiri lagi dan mahasiswa semakin kuat dalam softskill-nya, selain hardskill yang ada di kampus,” jelasnya.

Dia menekankan,  kombinasi beasiswa dan modal usaha sociopreneurship menjadi dua hal yang penting. Jika usaha kurang lancar masih bisa ditoleransi karena ISDP memiliki pendampingan selama program. 

Namun nilai akademik menjadi yang terpenting, karena anak yang cerdas dan berhasil menandakan bahwa dia akan sungguh-sungguh dalam setiap kegiatan.

Pendaftaran beasiswa ISDP akan diselenggarakan mulai 4 Februari hingga 3 Maret 2020. Kemudian, colon peserta ISDP dapat mengisi dan melengkapi data pada www.didikumat.org

Setelah itu, terdapat tiga rangkaian seleksi yang harus dilalui oleh para peserta. Di antaranya, walking interview, pemeriksaan psikologi, serta presentasi bisnis dan assessment kemampuan bisnis.

Sementara, seleksi akan diberikan melalui beberapa persyaratan yakni mahasiswa aktif UNAIR jenjang S1, minimal angkatan 2018 dari semua jurusan, perorangan atau kelompok, dan diutamakan untuk yang sudah memiliki rintisan bisnis minimal satu tahun.

Dari beasiswa itu, mahasiswa akan mendapat fasilitas berupa beasiswa SPP, uang pembinaan, pembinaan keislaman, pelatihan entrepreneur, magang, permodalan, dan pendampingan usaha.