Gubernur Jatim Khofiah dan Ketum PSSI Iwan Bule (berkemeja merah) saat buka kick off Piala Gubernur di Bangkalan/Ist

Piala Gubernur Jawa Timur Senin (10/2) resmi dibuka di Stadion Gelora, Bangkalan. Perhelatan sepak bola yang terakhir digelar 5 tahun lalu itu disambut antusias oleh para penggemar bola.

Banyaknya penonton yang menghadiri pembukaan Piala Gubernur Jatim 2020 membuktikan bahwa Piala Gubernur sangat ditunggu oleh para pecinta sepak bola di Jatim. Gubernur Khofifah mengatakan, kompetisi Piala Gubernur Jatim 2020 menjadi yang pertama di masa kepemimpinannya, sebelum vakum selama lima tahun.

Dengan dukungan Ketua Umum PSSI, Kapolda Jatim dan Pangdam V Brawijaya, Piala Gubernur diharapkan bisa terselenggara secara berkelanjutan. “Semoga penyelenggaraan Piala Gubernur Jatim 2020 bisa berjalan lancar, damai dan menjadi tontonan sepakbola bagi masyarakat yang berkualitas,” ujarnya.

Gubernur Perempuan pertama di Jatim itu menyebut Piala Gubernur Jatim 2020 menjadi bagian pemanasan sebelum memasuki kompetisi Liga I tahun 2020. Setiap klub, manajer dan pemain bisa menjadikan kompetisi ini sebagai ajang untuk melakukan evaluasi dan mempersiapkan formasi pemain terbaiknya agar bisa bersaing di Liga 1 – 2020.

“Piala Gubernur Jatim juga menjadi bagian menjaga sportifitas dan objektifitas sehingga menampilkan sepakbola yang cantik, berkualitas dan penuh damai serta aman,” jelasnya. Pembukaan tersebut dihadiri Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Ketua Umum PSSI, Kapolda Jatim Luki Hermawan, Pangdam V Brawijaya Wisnoe Prasetija Boedi, beserta Forkopimda Jatim.

Piala Gubernur Jatim 2020 juga menjadi ajang dalam menggairahkan sepakbola sebagai sebuah industri. Sebagai contoh, di Eropa, sepakbolanya bisa menjadi sebuah industri, khususnya dalam menggelorakan semangat di kalangan masyarakat, khususnya anak muda. Piala Gubernur Jatim 2020 merupakan sebuah turnamen pra musim menjelang dimulainya Liga 1-2020.

Turnamen ini mempertemukan klub-klub sepak bola yang berasal dari Provinsi Jawa Timur dan juga mengundang klub-klub yang berasal dari luar Provinsi Jawa Timur. Provinsi Jawa Timur adalah satu-satunya provinsi di Indonesia yang menggelar piala Gubernur tahun 2020. Pada tahun 2020, turnamen ini mengikutsertakan delapan tim yang terbagi menjadi dua grup dan diselenggarakan di dua kota yaitu Bangkalan dan Malang. dan berlangsung pada 10-20 Februari 2020.

Juara masing-masing grup dan peringkat kedua otomatis lolos ke babak semifinal. Turnamen ini diikuti oleh lima kontestan Liga 1 2020 yang berasal dari Provinsi Jawa Timur. Di antaranya adalah Persebaya Surabaya, Persik Kediri, Persela Lamongan, Arema FC, dan Madura United. Tiga peserta lainnya berpartisipasi dengan status undangan, yaitu Bhayangkara FC, Persija Jakarta, dan Sabah FA.


Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.