Perpres 80/2019 Bukti Keberhasilan Khofifah-Emil

Perpres 80 tahun 2019 merupakan kado terindah bagi perjalanan pembangunan Jatim. Munculnya Perpres ini merupakan bukti keberhasilan Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim dalam perjalanan satu tahun memimpin Jatim.


Ini dikatakan Plt Ketua DPD Partai Demokrat Jatim, Renville Antonio saat menyikapi 1 tahun berjalannya pemerintahan Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak khusunya dari sektor pembangunan infrastruktur di Jatim, Selasa (11/2).

Menurut Renville keberhasilan Jatim mendapatkan kepercayaan Presiden Jokowi dengan mengeluarkan Pepres 80 tahun 2019 tentang percepatan pembangunan Jatim, diyakini karena keberhasilan Gubernur dan Wagub dalam beberapa hal di Jatim meski baru setahun menjabat.

Terbukti dari data BPS 2019, PDRB Jawa Timur menyumbang 14,67 % Share terbesar Kedua dari 6 Provinsi di Pulau Jawa. Industri Jawa Timur menyumbang 22,09 % Share Terbesar Kedua dari 34 Provinsi secara Nasional dan Jatim bisa menjadi penyumbang perekonomian Indonesia sebesar 15 %. 

"Inilah yang dapat dipastikan menjadi latar belakang diterbitkannya Perpres 80 Tahun 2019. Bersamaan dengan Jawa Tengah dengan Perpres 79 Tahun 2019," ungkap Renville.

Lanjut Renville, Perpres ini mendukung percepatan proyek strategis di 218 tempat di Jatim yang nantinya akan mengungkit perekonomiaan masyatakat Jatim. Dengan anggaran yang dibutuhkan 294.34 Triliun.

"Sehingga bisa dikatakan perpres ini penghargaan kepada Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa ditahun Pertama kepemimpinannya mengelola provinsi Jawa Timur yang dianggap Presiden cukup berhasil," pungkasnya.

Hal yang sama juga dikatakan ketua Komisi D DPRD Jatim yang juga kader partai Demokrat Jatim Kuswanto.

Sebagai ketua Komisi yang membidani pembangunan termasuk Infrastruktur, pihaknya melihat sendiri bagaimana Gubernur dan Wagub yang begitu luar biasa memaparkan konsep pembangunan Jatim mengiringi Perpres 80 saat rood show dikementerian beberapa waktu lalu.

"Saya melihat sendiri bagaimana Bu Khofifah dan mas Emil memaparkan konsep Jatim untuk merealisasikan perpres 80 tersebut," ujarnya.

Semua menteri yang didatangi, kata Kuswanto, secara antusias menyatakan mendukung dan akan memberikan kemudahan Investor untuk ambil bagian pembangunan di Jawa Timur sesuai bidang kementrian masing-masing.

"Saya optimis di periode 2020-2025 sebagian besar akan  terselesaikan dengan baik sesuai waktu yang direncanakan terhadap jalannya perpres 80 ini di Jatim," jelasnya.

Dengan adanya perpres 80 Tahun 2020 dan kinerja Gubrenur yang sangat responsif tersebut, kata Kuswanto, tentunya perlu dukungan dan respon yg cepat dari seluruh OPD diseluruh bidang pekerjaannya. 

Dirinya berharap dengan pengangkatan kepala dinas baru beberapa waktu lalu akan semakin bisa mengimbangi kinerja Gubernur kedepannya.

"Jagan menutup mata lah jika kita semua tahu bahwa perpres ini prestasi luar biasa dari seorang Gubernur Khofifah. Demokrat sangat bangga dengan kepemimpinan beliau ini yg melanjutkan apa yg telah di lakukan oleh gubernur sebelumnya," pungkasnya.