Workshop JSK-Unitomo-APJIKI/hms

Sebuah diskusi dan praktik penulisan digelar di Hotel Amaris Margorejo Surabaya, belum lama ini. Workshop Penulisan Jurnal Internasional dan Terakreditasi SINTA 2 itu digelar Jurnal Studi Komunikasi Universitas dr Soetomo (JSK-Unitomo) bekerjasama dengan Asosiasi Pengelola Jurnal Ilmu Komunikasi Indonesia (APJIKI).

Dalam keterangan tertulis yang diterima Kantor Berita RMOLJatim, Rabu (12/2), Editor JSK sekaligus Dekan Fikom Unitomo, Redi Panuju yang juga memiliki H index Google Scholar 13 menyampaikan pentingnya kecerdikan penulis memanfaatkan berbagai instrumen pendukung penulisan seperti Mendeley dan Sciencedirect. Keterampilan tersebut adalah kunci penting dalam menembus jurnal bereputasi.

Dalam kegiatan yang digelar mulai mulai tanggal 7 hingga 8 Februari 2020, Editor in Chief JSK yang juga Visiting Research Fellow Waseda University Japan, Daniel Susilo, menuturkan kiat-kiat menulisnya.

Peraih Shortcourse program di Leiden University dan Vrije University ini kerap mengingatkan penulis untuk memperhatikan setiap catatan reviewer dan sebisa mungkin mengikuti arahan.

“Bila kurang sependapat dengan review dapat menyampaikan dengan bahasa yang santun kepada redaktur pengelola jurnal,” sambungnya.

Rustono Farady Marta yang bertindak sebagai Ketua I APJIKI juga berbagi seluk-beluk Jurnal Nasional Terakreditasi serta pengalamannya dalam menembus berbagai Jurnal terakreditasi hingga Jurnal Internasional bereputasi. Termasuk pula upayanya mempublikasikan karya penelitian hibah nasional DIKTI, agar memperoleh luaran jurnal yang optimal.

Sementara itu, dosen dari Universitas Jember, Iqbal, mengapresiasi langkah JSK-Unitomo yang berkenan terjun langsung membimbing para calon penulisnya.

Demikian juga dengan Vince selaku staff salah satu Kementerian, dia merasakan betul materi yang disampaikan sangat praktis dan mudah diaplikasikan dalam upaya perbaikan penulisan artikel guna memenuhi kewajiban publikasinya.

Dan hambatan yang dialami Vince maupun Iqbal selama ini dalam menyusun artikel yang memenuhi kriteria jurnal terakreditasi SINTA 2 dan juga Jurnal Internasional bereputasi terjawab tuntas.

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.