Empat Langkah Zulhas Setelah Terpilih Sebagai Ketum PAN

Ada beberapa langkah yang harus dilakukan Zulkfli Hasan pasca kemenangannya menjadi Ketua Umum Partai Amanat Nasional dua periode.


Menurut Direktur Eksekutif Arus Survei Indonesia, Ali Rif'an, Zulhas harus segera melakukan rekonsiliasi dengan merangkul semua pihak yang kecewa karena kalah bersaing dengan Wakil Ketua Majelis Perwakilan Rakyat (MPR) itu.

"Dan tak kalah penting, Zulhas segera melakukan rekonsiliasi. Merangkul kelompok yang kecewa supaya wajah PAN ke depan makin kokoh nan solid," demikian kata Ali dilansir Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (13/2).

Selain itu, Ali melihat PAN harus melakukan rebranding. Tujuannya untuk mengejar ambang batas parlemen di pemilihan umum berikutnya yang diprediksi berada diangka 5-7 persen.

"PAN perlu melakukan rebranding, ini penting untuk mengejar PT (parlementary threshold) mendatang yang ada kemungkinan naik jadi 5 atau 7 persen," tandas Ali.

Ali juga menyebutkan, PAN harus mencari strategi tepat untuk menggaet pemilih milenial. PAN kata Ali, harus bisa keluar dari pemilih sosiologis yang berasal dari kader Muhammadiyah.

"Membuat strategi menarik pemilih muda atau milenial, karena di pemilu 2024 ceruk pemilih ini dominan. Mulai keluar dari zona pemilih sosiologis (kader Muhammadiyah). PAN perlu menarik pemilih rasional dengan membuat program-program yang konkret dan membumi," pungkas Ali.