Dukung Program DUDI, Kawan Lama Kembali Gelar Uji Kompetensi Siswa SMK Jatim

Berkomitmen mendukung program Link and Match dunia usaha dunia industri (DUDI) dengan pendidikan vokasi (siswa SMK), melalui kegiatan LKS (Lomba Kompetensi Siswa) yang sudah dilakukan tiga tahun terakhir, PT Kawan Lama Sejahtera kembali menguji kompetensi para siswa se-Jawa Timur, khususnya pada bidang lomba Metrologi, CNC Milling dan CNC Turning.


Di gelaran yang diikuti oleh 1.332 siswa SMK ini Kawan Lama juga memberi dukungan berupa kebutuhan pendidikan siswa SMK lewat hibah dua unit mesin CNC (Computer Numerical Control) Drilling Milling ZXK32 sebagai alat praktik di sekolah.

“Kawan Lama memberikan dukungan dengan dua unit mesin CNC MiIling untuk mendukung vokasi, dalam hal ini SMK. Kami berharap SMK semakin berkualitas dan berprestasi supaya gap antara industri dan SMK semakin tipis, sehingga industri akan banyak menyerap siswa-siswa SMK yang berkualitas,” kata Komisaris PT Kawan Lawa Sejahtera, Tony Sartono, melalui pernyataan tertulis yang diterima Kantor Berita RMOLJatim, Jumat (14/2).

Mesin tersebut diserahkan langsung kepada Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur (Kadidindik Jatim), Dr. Ir. Wahid Wahyudi, MT, nantinya akan diberikan ke SMK di Tulungagung, Jawa Timur.Mesin CNC Drilling Milling ZXK32 merupakan mesin CNC Milling berbasis industrial grade, artinya tidak hanya diperuntukkan untuk pelatihan saja, tetapi sudah memenuhi standar proses produksi.

Lewat mesin tersebut, diharapkan siswa SMK akan semakin teruji kompetensinya di bidang pemrograman dan pengoperasian CNC. Dengan demikian, mereka semakin siap bersaing di LKS SMK Tingkat Nasional.

 “LKS SMK adalah wahana untuk siswa berkarya, berinovasi, berkreasi. Melalui LKS juga menjalin jaringan dengan dunia usaha dan dunia industri, sehingga lewat LKS akan lebih ada ikatan yang dekat antara dunia industri dan SMK sebagai sarana pendidikan vokasi,” jelas Kadindik Jatim, Wahid.

Sekedar diketahui, Kegiatan LKS SMK ke-28 digelar di Kabupaten Tulungagung, Jatim, mulai  tanggal 27 sampai dengan 30 Januari 2020.

Dalam kegiatan tersebut, pemenang lomba Metrologi, CNC Milling, dan CNC Turning dalam lomba LKS SMK Tingkat Jawa Timur 2020, pemenang lomba metrologi Juara I SMK PGRI Wlingi, Juara II SMKN 1 Blitar dan Juara III SMKN 2 Jember.

Sedangkan pemenang lomba CNC Milling yakni, Juara I  SMKN 2 Jember, Juara II   SMKN 1 Madiun Dan Juara III SMKN 5 Surabaya. Untuk pemenang lomba CNC Turning, yakni Juara I   SMKN 3 Boyolangu, Tulungagung, Juara II   SMK 1 Krian, Sidoarjo dan Juara III diraih SMKN 1 Purwosari, Pasuruan.