Nasdem Belum Tentukan Sikap di Pilwali Surabaya

Kendatipun beberapa partai di Surabaya sudah menentukan Machfud Arifin sebagai bakal calon di Pilwali Surabaya, namun Partai Nasdem justru belum menentukan sikap.


Diketahui, sejumlah partai politik sudah menentukan arah dukungan terhadap calon tertentu. Diantaranya, PKB, PAN, PPP, Partai Demokrat, dan Gerindra yang mengusung mantan Kapolda Jatim Irjen (purn) Machfud Arifin.

Namun, Nasdem bakal mengumumkan nama calon yang akan diusung dalam pilwali Surabaya 2020 pada pekan ini.

"Dalam 2 sampai 3 hari kedepan bakal ada kejutan dari Nasdem terkait siapa yang didukung dalam pilwali Surabaya," terang Ketua DPD Nasdem Kota Surabaya, Robert Simangunsong, usai menerima SK Kepengurusan DPD Partai Nasdem Surabaya, Senin (17/2).

Menurut Robert, nama tersebut sudah ada di DPP Nasdem. Kemudian nanti DPP akan sampaikan ke DPD Nasdem Surabaya melalui DPW Nasdem Jatim. Lalu rekomendasi itu akan diserahkan pada calon yang dimaksud.

Selanjutnya dia diperintahkan untuk mengumumkan nama calon yang diusung kepada masyarakat Surabaya.

"Pasti kita umumkan, agar warga Surabaya mengetahui calon yang diusung partai Nasdem. Setelah itu, Nasdem akan mensosialisasikan calon yang diusung pada masyarakat secara door to door. Hal itu dilakukan supaya warga mengenal dan akan memililh calon yang diusung Nasdem pada pilwali Surabaya," jelasnya.

"Siapa yang akan kita usung? Nanti dulu," lanjutnya.

Perlu diketahui, partai Nasdem tidak bisa mengusung calon atau pasangan calon sendirian di pilwali Surabaya. Sebab Nasdem hanya memiliki 3 kursi di DPRD Kota Surabaya. Padahal syarat minimal partai politik atau gabungan partai politik boleh mengusung calon di pilwali Surabaya minimal mengantongi 10 kursi.