Pilkada Serentak 2020, PDIP Jatim Target Menang Di 13 Daerah

DPD PDI Perjuangan Jatim menyelenggarakan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) di Hotel Utami Jalan Raya Juanda, Sidoarjo, Selasa (18/2). Dalam kesempatan itu para kader juga diingatkan tentang target Pilpres 2024, harus kembali dimenangkan PDI Perjuangan. Terkait itu, DPD PDI Perjuangan Jatim melantik badan-badan partai untuk melaksanakan tugas-tugas kepartaian yang bersifat teknis terutama yang berkaitan dengan pemenangan Pemilu.


Badan-badan partai tersebut antara lain Badan Penanggulangan Bencana (Baguna), Badan Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan (BPEK), Badan Bantuan Hukum dan Advokasi Rakyat (BBHAR), Badan Kebudayaan Nasional (BKN), Badan Pendidikan dan Pelatihan (Badiklat), Badan Saksi Pemilu Nasional (BSPN), dan Badan Pemenangan Pemilu (BP-Pemilu).

“Ada 145 personalia yang ditempatkan di tujuh badan partai,” ucap Ketua DPD PDI Perjuangan Jatim Kusnadi saat memberikan sambutan dalam acara yang dihadiri Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto tersebut.

Badan-badan tersebut, jelas Kusnadi mempunyai tugas untuk membantu struktural partai dalam melaksanakan tugas-tugas kepartaian yang bersifat teknis termasuk menjalankan sebagian dari rekomendasi rakerda.

Selain dilaksanakan oleh struktur yang dibantu badan-badan partai, rekomendasi Rakerda kali ini juga dilaksanakan oleh kader di eksekutif dan legislatif melalui kebijakan regulasi dan alokasi anggaran yang benar-benar dibutuhkan bagi masyarakat.

Dalam kesempatan itu, Kusnadi juga menyampaikan bahwa Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menargetkan di Jawa Timur PDIP bisa menang di 13 daerah dari 19 daerah yang menyelenggarakan Pilkada serentak 2020.

“Ini bukan bentuk arogansi atau kesombongan. Dalam Rakernas telah disampaikan bahwa tahun 2024 adalah proses regenerasi maka kita harus siap karena Pileg Pilpres dan pilkada dilaksanakan secara serentak,” ucap Kusnadi yang juga Ketua DPRD Jatim ini.

Kusnadi juga menegaskan bahwa PDI Perjuangan menargetkan untuk bisa hattrick memenangkan Pilpres tiga kali berturut-turut

“Walaupun Presiden Jokowi tidak mungkin mencalonkan diri lagi, kita tetap berharap Presiden tetap dari PDI Perjuangan,” tegas Kusnadi disambut tepuk tangan.

Dalam Rakerda yang mengambil tema “Solid Bergerak Wujudkan Indonesia Negara Industri Berbasis Riset dan Inovasi Nasional” tersebut dihadiri 500 kader PDIP mulai dari Ketua Sekretaris Bendahara dan Bappilu DPC PDIP se Jawa Timur, lalu anggota dewan dari Fraksi PDIP se-Jawa Timur serta kepala daerah dan wakil kepala daerah se Jawa Timur.

Hadir juga Ketua Bidang Ideologi dan Kaderisasi DPP PDIP Djarot Syaiful Hidayat, lalu Wasekjen Pemerintahan DPP PDIP Arif Wibowo, dan Wasekjen Kerakyatan DPP PDIP Sadarestuwati.