KPPU Gelar Sosialisasi Persaingan Usaha di Unitomo

Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menggelar Sosialisasi Persaingan Usaha di Universitas Dr. Soetomo (Unitomo). Sosialisasi yang diikuti sekitar 100 peserta dari unsur dosen dan mahasiswa tersebut mengangkat tema "Kemitraan Sehat, Sejahterakan Rakyat".


"Dalam era persaingan ekonomi yang ketat ini, belajar dunia Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) begitu penting. Jalinan pola kemitraan ya berawal dari bisnis UMKM ini, dan yang terpenting jangan takut memulai bisnis," kata Anggota Komisioner KPPU-RI, Kodrat Wibowo, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Jumat (21/2).

Dia menambahkan, KPPU berjuang mengimplementasikan ilmu persaingan usaha lebih baik dan turut serta memperbaiki, meningkatkan perekomomian nasional dapat lebih ditingkatkan, namun dengan persaingan yang sehat.

"Dalam persaingannya, jangan melakukan praktik-praktik tidak sehat, karena sudah tertuang jelas pada Revisi Undang-Undang (RUU) Nomor 5 Tahun 1999 tentang larangan Praktik Monopoli dan persaingan Usaha tidak Sehat," mbuhnya.

Sementara itu, Wakil Rektor IV Unitomo, Meithiana Indrasari, menyampaikan jangan sampai pihak-pihak berkepentingan memainkan monopoli perekonomian secara besar-besaran.

"Sebenarnya memang kegiatan monopoli tidak bisa dihindarkan, namun ada sisi positif dari monopoli itu sendiri selama sejauh mana monopoli itu dapat dikendalikan," tututrnya.

Lebih lanjut, Mei, menjelaskan monopoli yang terjadi selama bertujuan mensejahterakan masyarakat akan menjadikan monopoli tersebut memiliki sisi positif.

"Banyak praktik di luar sana yang dilakukan, contoh terbesar bagaimana facebook telah merajai media sosial dengan menggandeng whatsapp dan instagram. Yang perlu diperhatikan, ekonomi di Indonesia menganut demokrasi ekonomi, di mana goalnya adalah kesejahteraan masyarakat," pungkasnya.