Momen Bahagia Ahmad Dhani Dan Maia Estianti Di Grand Final Indonesia Idol 2020

Oleh: Mega Simarmata


ACARA grand final Indonesian Idol 2020 yang berlangsung Senin malam (24/2) langsung mencuri perhatian karena mampu mempertemukan musisi kawakan Ahmad Dhani dengan Maia Estianti, disaksikan 2 anak mereka yaitu Al Ghazali dan Dul Jaelani (minus El Rumi karena sedang kuliah di Inggris).

Ide RCTI mempertemukan pasangan suami istri ini di meja juri Indonesian Idol 2020, patut diacungi jempol. Sebab mampu menutupi potensi ketimpangan dengan ketidak-hadiran Bunga Citra Lestari yang absen karena masih berduka atas wafatnya suami tercinta sepekan lalu.

Momen Ahmad Dhani menyapa Maia dengan kalimat, "Selamat malam Bundany Al, Ed dan Dul", langsung membuat heboh studio. Dan tentu saja menarik perhatian penonton diluar studio yang menyaksikan lewat tayangan televisi.

Dhani dan Maia yang sudah bercerai sejak 2008, saat ini telah memiliki pasangan masing-masing dalam pernikahan keduanya. Tapi, di hati Dhani, tetap ada Maia. Dalam pemahamannya bahwa posisi Maia sebagai bunda dari ketiga anaknya, memang tak akan pernah tergantikan oleh wanita manapun didunia ini.

Saya teringat pada pertemuan saya dengan Ahmad Dhani di sebuah restoran di Hotel Mulia pada tahun 2016 silam. Saat itu, Dhani sedang menghadiri rapat persiapan untuk acara di RCTI. Tapi ia mengundang saya datang untuk ngobrol disana.

Kesan saya tentang seorang Ahmad Dhani adalah ia ayah yang luar biasa baik dan penuh cinta kepada anak-anaknya. Tapi, ia secara jujur, tak segan bercerita tentang apa yang ia tahu tentang Maia. Jadi, lewat anak-anaknyalah, Ahmad Dhani selalu diberitahu, tentang bagaimana kabar Maia dan apa yang sedang dikerjakan oleh Maia.

Dhani tahu semua cerita tentang Maia dan menyimpan itu baik-baik dalam hatinya. Dari cara Dhani berbicara saat guyon dengan Ari Lasso, musisi hebat ini spontan mengatakan bahwa lokasi pertemuannya dengan Ari Lasso adalah di dekat SMP tempat dulu Maia sekolah. Lalu ia mengakui bahwa lagu Cinta Kan Membawamu Kembali memang diciptakan untuk Maia.

Sayang, ia tak melengkapi lagi keterangannya saat mengulas lagu Kangen, apakah lagu inipun memang diciptakannya untuk Maia. Maia, wanita yang memukau ini, terbukti menjadi sumber inspirasi utama musisi sangat genius sekelas Ahmad Dhani. Jika tadi malam, Dhani dipertemukan kembali dengan Maia dalam acara Indonesian Idol, momen itu tentu sangat berarti untuk keluarga kecil ini.

Sangat berarti untuk Al, El dan Dul. Momen dimana mereka merindukan ayah dan bunda mereka, bisa bersatu. Walau bukan bersatu dalam perkawinan semula. Tapi bersatu dalam silahturahmi yang bernuansa damai dan sukacita Cinta Kan Membawamu Kembali :

Tiba saat mengerti Jerit suara hati

Yang letih meski mencoba

Melabuhkan rasa yang ada

Mohon tinggal sejenak Lupakanlah waktu

Temani air mataku, Teteskan lara

Merajut asa, Menjalin mimpi

Endapkan sepi-sepi

Chorus: Cinta'kan membawamu...

Kembali disini,

Menuai rindu Membasuh perih Bawa serta dirimu...

Dirimu yang dulu Mencintaiku apa adanya...

Saat dusta mengalir

Jujurkanlah hati

Genangkan batin jiwamu

Genangkan cinta Seperti dulu

Saat bersama Tak ada keraguan...

Chorus: Cinta'kan membawamu... Kembali disini, Menuai rindu Membasuh perih

Bawa serta dirimu... Dirimu yang dulu Mencintaiku apa adanya...