Pantau pergerakan trafik/hms

rmoljatim Untuk mengantisipasi kenaikan trafik, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) menyiagakan tim jaringan 24 jam. Hal ini menyusul aktivitas perkantoran dan sekolah yang dilakukan di rumah secara daring virus Corona (Covid-19).

“Peningkatan trafik memang mulai terlihat seiring dengan terus meningkatnya pembicaraan mengenai wabah virus Corona di Indonesia dalam beberapa hari terakhir, yang kemudian mulai berkembang wacara untuk bekerja dari rumah dan diliburkannya sekolah di berbagai provinsi,” ungkap (Plt) Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, dalam pernyataan tertulis yang diterima Kantor Berita RMOLJatim, Senin (16/3).

Menurut Gede, akses ke sejumlah layanan data memang sudah meningkat, terutama browsing informasi melalui Google, selain juga trafik penggunaan Whatsapp, serta media sosial seperti Facebook dan Twitter yang menguat dibandingkan hari-hari biasa.

Menurut Gede, semakin banyaknya kantor yang meminta karyawan bekerja dari rumah, sekolah yang menyelenggarakan belajar dari rumah, juga perkuliahan secara daring akan meningkatkan akses ke jaringan internet.

Hingga saat ini, kapasitas jaringan XL Axiata yang ada masih bisa melayani kenaikan trafik yang terjadi. Gede memperkirakan trafik berpotensi meningkat hingga 10 sampai dengan 15 persen dibandingkan hari-hari biasa.  

“Kami akan terus memantau perkembangan yang ada terkait dinamika masyarakat yang menerapkan work from home dan penerapan belajar di rumah untuk pelajar dan mahasiswa. Tim kami di lapangan juga akan selalu siap memastikan jaringan kami selalu aman, tanpa mengabaikan sisi kesehatan dan keselamatan kerja,” pungkasnya.

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.