etua Satgas Siaga Covid-19 Unusa, dr. Mohammad Fifin Kombih/dok

rmoljatim Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) resmi membentuk satuan tugas (Satgas) Siaga Corona Virus Disease (Covid-19).

“Satgas Siaga Covid-19 Unusa bertujuan untuk meningkatkan edukasi dan promosi kesehatan secara intensif tentang COVID-19 kepada seluruh keluarga besar Unusa untuk pencegahan penularan virus corona,” kata Ketua Satgas Siaga Covid-19 Unusa, dr. Mohammad Fifin Kombih kepada Kantor Berita RMOLJatim, Rabu (18/3).

Selain upaya pencegahan penyebaran virus Corona, Satgas Siaga Covid-19 Unusa juga siap menerima pemeriksaan awal secara fisik dengan gejala-gejala yang mengindikasikan Covid-19. Pemeriksaan dilakukan di Klinik Pratama Unusa Kampus A Wonokromo Surabaya.

Klinik Pratama yang dimiliki Unusa menerima pemeriksaan fisik sebagai penanganan awal seseorang mengalami sakit yang memiliki gejala mirip dengan Covid-19. Orang yang terkena gejala virus corona hampir mirip dengan sakit flu pada umumnya.

Fifin menambahkan, jika gejala flu maupun virus corona memiliki beberapa kesamaan. Melalui pemeriksaan awal ini dapat membantu masyarakat untuk menghindari penyakit yang disebabkan virus corona.

“Jadi sebelum pemeriksaan laboratorium untuk memastikan penyakit corona itu harus dilakukan pemeriksaan fisik terlebih dahulu sebelum tes Swab (tes yang dilakukan dengan pengambilan jaringan sel pada hidung atau tenggorokan),” jelasnya.

Fifin menjelaskan jika pemeriksaan awal itu dilakukan untuk memastikan sakit yang diderita. Maka dengan cara ini Klinik Pratama yang dimiliki Unusa akan memberikan rujukan ke Rumah Sakit yang dituju untuk pemeriksaan selanjutnya.

“Yang pasti kami minta masyarakat yang memiliki gejala seperti flu dan gejala-gejala yang mengindikasikan virus corona untuk mengisolasi dirinya sendiri, jika mengalami gangguan pernafasan maka kami akan berikan rujukan ke tempat rumah sakit untuk pemeriksaan lanjutan virus corona,” jelas Fifin.

Ketua Satgas Siaga Covid-19 Unusa ini memastikan akan terus memantau kesehatan mahasiswa, dosen maupun pegawai Unusa. Jika mengalami sakit seperti influenza dipersilahkan pulang dan disuruh istirahat terlebih dahulu.

“Ini untuk mengantisipasi agar penyebaran virus corona di wilayah Unusa tidak terjadi,” pungkasnya.

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.