Penyemprotan antisipasi virus corona/RMOLJatim

rmoljatim Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) Kabupaten Jombang melakukan penyemprotan disenfektan di lingkungan Pondok Pesantren Bahrul Ulum, Masjid, Musholla dan Makam Pahlawan Nasional KH Wahab Chasbulloh, Rabu (25/03/2020).

Penyemprotan ini merupakan bagian dari ikhtiar penanggulangan dan pencegahan atas merebaknya wabah Virus Corona/Covid-19.  Selain ikhtiar lahiriah, ikhtiar secara batiniah melalui doa dan sholawat juga dilakukan oleh kader Ansor dan Banser tersebut.

Penanggung Jawab  Satgas Covid-19 PC GP Ansor Jombang, H Moh Imdad mengatakan sebagai kader Ansor dan Banser harus siap dalam memberikan kontribusi kepada masyarakat dan menjawab segala problematika sosial keagamaan yang terjadi.

Manifestasi dari itu, kita memberikan edukasi tentang Covid-19 kepada masyarakat, dan melakukan pencegahan dengan penyemprotan disenfektan di Musholla, Masjid, Makam, Ponpes dan lembaga pendidikan,” beber Gus Imdad yang juga menjabat Bendahara GP Ansor Jombang kepada Kantor Berita RMOLJatim.

Lebih lanjut Gus Imdad menjelaskan jika penyemprotan ini dimulai dengan menyisir beberapa titik di Kecamatan Jombang Kota terlebih dahulu, penyemprotan pertama di Ponpes Bahrul Ulum Tambak Beras, Makam KH. Abdul Wahab Chasbulloh lalu Masjid/Musholla Madrasah sesuai permintaan.

Dan tidak menutup kemungkinan akan bisa berlanjut pada titik di Kecamatan yang lain, juga sesuai permintaan,” tutur Gus Imdad didampingi kordinator pelaksana lapangan Satgas Covid-19 PC Ansor Moh Ali dan Ketua PAC Jombang Kota Mas Taufiqi Assilahi di Yayasan Ponpes Bahrul Ulum, Tambakberas.

Sementara Ketua PC GP Ansor H. Zulfikar Damam Ikhwanto menambahkan bahwa disinfektan yang disemprotkan ke sejumlah lokasi ini tergolong aman, juga atas bantuan dan rekomendasi Dinas Kesehatan. Selain di Jombang Kota, juga dilakukan penyemprotan di Wilayah Pimpinan Anak Cabang juga Pimpinan Ranting secara setentak.

“PAC Mojowarno, PAC Ploso, PAC Kesamben, PAC Mojoagung, PAC Sumobito, dan beberapa Pimpinan Rantin, Ranting Banjardowo, Pojokkulon dan Ranting Mojongapit, kita gerakkan semua elemen sebagai ikhtiar lahiriah dan batiniah dalam penanggulangan pencegahan Covid-19 di Jombang,” imbuhnya.
Setelah kegiatan penyemprotan ini, diharapkan ada partisipasi dari perusahaan, lembaga swadaya, lembaga sosial, lembaga bidang kesehatan atau yayasan sosial bergerak membantu pemerintah melakukan hal yang sama, bisa sinergi bersama guna pencegahan secara masih atas lebih merebaknya Virus Corona/ Covid-19 ini,” harap Gus Antok.
Sebab dimusim penghujan ini selain wabah Virus Corona, potensi wabah demam berdarah juga menjadi persoalan yang harus juga diantisipasi. Untuk itu menjalankan apa yang menjadi kebijakan pemerintah adalah wajib, termasuk membudayakan hidup bersih, hidup sehat dan peduli akan kesehatan pribadi juga kesehatan orang lain,” pungkasnya.

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.