Begini Cara Startup Asal Pulau Garam Majukan Usaha UKM

Guna memajukan UKM retail berbisnis lebih lancar, startup asal Pulau Garam Madura, Abdul Muidz memperkenalkan fitur kasir gratis pada aplikasinya yang diberi nama M-Pulsa.


“M-Pulsa adalah fitur kasir gratis yang bisa digunakan untuk  cek inventory stok toko, mengatur harga jual bahkan mencatat hutang secara detail dan terperinci. Ini memudahkan retail dalam menjalankan bisnisnya,” kata  Founder M-Pulsa, Abdul Muidz, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Jumat (27/3).

Sebelumnya, M-Pulsa merupakan aplikasi PPOB dan retail yang biasa kerap digunakan konter pulsa dan toko-toko kelontong serta  UKM Retail. Cara mengoperasikannya juga mudah. Saat ini jumlah user M-Pulsa mencapai 300ribu yang  tersebar di seluruh Indonesia.

Sementara it, dari  study kasus yang dilakukan  Aad,  M-Pulsa sebesar 80% usernya terdiri dari toko retail kecil yang tidak mempunyai sistem pencatatan fitur keuangan yang mumpuni.

"Seringkali pemilik toko retail kehilangan profitiability yang harusnya bisa mereka tangkap jika mempunyai system keuangan yang benar, dengan fitur baru M-Pulsa peluang tersebut akan bisa didapatkan dan Insya Allah pendapatan mereka.juga akan bertambah," imbuh Aad.

Tujuan dari start up M-Pulsa adalah membantu user menyelesaikan permasalahan micro mereka, baik itu kebutuhan rutin ataupun tidak rutin akan tetapi dalam jangka waktu yang panjang (unlimited resource).

Aplikasi M-Pulsa bertujuan memudahkan retail UKM, outlet modern, channel, toko klontong bisa mengembangkan bisnisnya semakin meluas dan berkembang dengan menyasar perorangan dan banyak orang. Targetnya M-Pulsa menjadi besar dan bisa menguasai  pulau Madura (Bangkalan - Sumenep),  meluas hingga se-Jatim.