Rp 2 M Anggaran Kunker DPRD Jombang Dialihkan Ke Penanggulangan Covid-19

Anggota Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (F-PKB) Kabupaten Jombang serahkan gaji pokok untuk tangani dan penanggulangan dampak Covid-19, Kamis (02/04/2020).
Gaji pokok yang terkumpul dari sepuluh anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) F-PKB Jombang tersebut diserahkan langsung ke LAZIZNU (Lembaga Amil Zakat Infaq dan Sedekah Nahdlatul Ulama).


Sepuluh anggota legislatif dari F-PKB mulai bulan ini gaji pokoknya disumbangkan untuk penanganan dan dampak Covid-19 di Jombang melalui LAZIZNU sebesar Rp. 15. 000.000," ungkap Masud Zuremi, Ketua DPC PKB Jombang kepada Kantor Berita RMOLJatim.

Lebih lanjut Masud menjelaskan bahwa gaji pokok ini diberikan untuk penanganan Covid-19 selama masa pendemi  Covid-19 ini benar-benar selesai. Selain itu, PKB juga membentuk gugus tugas penanganan dan penanggulangan masyarakat terdampak Covid-19.

Gugus Tugas PKB melawan Corona ini diketuai Subaidi Muchtar yang mendapat tugas memberikan informasi kepada masyarakat tentang virus corona.

"Memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya melakukan sosial dan physical distancing," bebernya.

Serta memberikan bantuan cairan disinfektan kepada masyarakat.

"Dan tugas lain yakni mengatasi dampak ekonomi yang ditimbulkan oleh wabah corona," imbuh Masud Zuremi juga Ketua DPRD Kabupaten Jombang periode 2019-2024.

Kenapa demikian, Ketua DPRD Jombang ini menjelaskan sektor informal yang sangat terdampak ekonomi ini yakni pedagang kaki lima, pedagang di sekolah, hingga warung-warung. Mereka tidak bisa berjualan.

"Dan kami bekerjasama dengan LAZIZNNU untuk mengatasi masalah itu," tegas Masud.

Tidak hanya itu, Ketua DPRD Jombang mengungkapkan selain gaji anggota F-PKB yang disumbangkan ke LAZIZNU untuk dikelola penanganan terdampak Covid-19, kegiatan kunjungan kerja (Kunker) juga dipangkas untuk membantu pemerintah mengatasi dan menanggulangi Covid-19.


"Selama dua bulan ke depan ini, anggaran Kunker sekira Rp 2 Milyar digunakan untuk penanganan Covid-19," tuturnya.

Sementara itu, Direktur PC LAZIZNU Jombang Ahmad Zainudin menyampaikan terima kasih atas donasi yang diberikan F-PKB. LAZIZNU telah mendistribusikan 3 ribu liter disinfektan yang disitribusikan ke masyarakat dan melakukan kordinasi dengan UKM (usaha kecil menengah) untuk pembuatan 24 ribu masker. 

"Kami ucapkan terima kasih kepada Ketua FKB Jombang atas sumbangsihnya. Bantuan ini kami terima dengan tangan terbuka," pungkasnya.