Iwan Sumule: Pemerintah Tidak Punya Konsep Pencegahan Covid-19

Pemerintah diminta untuk mengikuti standar operasional prosedur (SOP) Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO dalam menangani wabah virus corona atau Covid-19.


Ketua Majelis ProDem, Iwan Sumule menyebut ada tiga SOP WHO di tengah wabah Covid-19, yakni tracing (lacak), tes dan treat (obati).

"Untuk lakukan 3T mestinya terlebih dahulu dilakukan mapping (pemetaan) wilayah yang terdampak Covid-19, kemudian karantina wilayah yang telah dimapping," ujar Iwan dalam keterangannya, Kamis (2/4).

Iwan menekankan bahwa langkah pemerintah saat ini salah total. Jangankan memetakan wilayah terdampak, pemerintah malah langsung fokus pada langkah pengobatan.

"Bukan saja anggap remeh dan terlambat, tapi pemerintah tampak tak punya konsep dalam melakukan pencegahan penyebaran Covid-19," jelasnya.

Ketua DPP Partai Gerindra ini juga menyoroti soal konsistensi pemerintah dalam menyampaikan pernyataan dan kebijakan untuk Covid-19.

"Kebijakan pun bisa berubah-ubah dalam hitungan jam. Contoh, apa yang disampaikan Jokowi dan Jubirnya, berubah-ubah. Tak konsisten," pungkasnya, dilansir dari Kantor Berita Politik RMOL.