Malam Ini, Kapolri Perintahkan Seluruh Anggota Polri Istigosah Serentak di Rumah Masing-masing

Kapolri Jenderal Idham Azis menghimbau seluruh anggota Polri di Indonesia menggelar istigosah serentak di rumah masing-masing, pukul 18.30 WIB, Sabtu (4/4).


Istiqosah ini ditujukan untuk mendoakan bangsa aman dari virus corona.

SSDM Kapolri Irjen Eko Indra Heri mengatakan, istighosah akan diselenggarakan serentak di rumah masing-masing. Kegiatan tersebut juga melibatkan para ulama.

"Perintah Kapolri kepada seluruh anggota Polri yang muslim untuk nanti malam secara serentak di rumah masing-masing di seluruh Indonesia untuk melaksanakan istighosah," kata Eko dilansir Kantor Berita Politik RMOL, Sabtu (4/4).

"Membantu Indonesia tidak hanya kerja nyata, namum tetap memohon kepada yang kuasa agar virus corona lenyap," sambung Eko.

Eko menuturkan, anggota Polri diminta membaca Asmaul Usnah sebanyak 7 kali. Dilanjut salawat Thibbil Qulub sebanyak 41 kali, dan Likhomsatun sebanyak 41 kali.

"Bersama para ulama se-nusantara untuk Indonesia aman dari Covid-19," ujar Eko.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Idham Aziz menerbitkan maklumat Nomor Mak/2/III/2020 pada Kamis (19/3).

Maklumat tersebut sebagai respons kebijakan pemerintah yang meminta masyarakat berdiam diri di rumah, dan seluruh pihak agar tidak membuat acara pengumpulan massa demi mencegah penyebaran virus corona.

Idham menyatakan, asas penerbitan maklumat itu guna menjaga keselamatan rakyat yang merupakan hukum tertinggi (Salus Populi Suprema Lex Esto).

Dalam maklumat itu, Idham melarang masyarakat untuk mengadakan kegiatan atau acara yang menyebabkan berkumpulnya massa, baik di tempat umum dan lingkungan sekitar.