Penggunaan Cairan Prodestan Bilik Desinfektan, Guru Besar Farmasi: Tidak Untuk Disemprotkan Pada Manusia

Cairan Prodestan untuk bilik desinfektan di Bandara Internasional Juanda di Surabaya yang ditemukan Anggota Ombudsman RI Alvin Lie, Sabtu (4/4), tidak dianjurkan untuk disemprotkan ke manusia.  


Hal ini seperti disampaikan Guru Besar Farmasi Universitas Airlangga (Unair) Prof. Dr. Mangestuti Agil Apt., MS., saat dikonfirmasi Kantor Berita RMOLJatim.

Menurut Mangestuti, cairan Prodestan yang menjadi bahan di bilik disinfektan, mengandung zat kimia yang berefek negatif jika dipakai secara berlebihan.

"Saya kok khawatir obat hewan kok untuk penyemprot manusia ya. Dosis dan aturan (hewan) pakai pasti beda dengan manusia. Kalau saya membaca zat kandungannya adalah benzalkonium chloride. Ini adalah bahan antibakteri dan antivirus yang cukup efektif asalkan mengikuti aturan dosis yang ditetapkan untuk manusia yaitu tidak lebih dari 0,1%," kata Mangestuti.

Ditambahkan Mangestuti, benzalkonium chloride dapat dipakai sebagai desinfektan untuk membantu membunuh bakteri tertentu, misalnya pada pemakaian sebagai pembersih lantai. Namun jika dipakai manusia, sampai sekarang masih diteliti.

“Sebagai hand sanitizer sudah ada penelitian tapi belum diketahui khasiatnya sebagai pembunuh virus. Tidak ada info (Prodestan) pemakaiannya sebagai penyemprot pada manusia,” tuturnya.

Karena itu Mangestuti khawatir, jika cairan Prodestan disemprotkan secara terus menerus kepada manusia akan menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan di kemudian hari. Apalagi bahan kimia itu memang tidak diperuntukan bagi manusia.

"Setahu saya memang tidak untuk disemprotkan pada manusia," tambahnya.

Secara umum, penyemprotan disinfektan ke tubuh dalam waktu yang lama dan berlebihan sangat berbahaya.

"Surat edaran Kemenkes tidak menganjurkan pemakaian dengan disemprotkan karena berbahaya untuk bagian-bagian tubuh tertentu termasuk mata," urainya.

Karena itu Mangestuti menyarankan agar penggunaan desinfektan sesuai aturan pakai manusia, bukan aturan hewan.

Dijelaskannya, untuk mengantisipasi wabah Covid-19 sebenarnya cukup dengan mencuci tangan dengan sabun dan menjaga kebersihan. Di samping itu, masyarakat harus disiplin dalam menjaga sosial distancing.

"Jadi sebaiknya digunakan saja sesuai aturan pakai pada manusia ya. Tidak disemprotkan, apalagi kalau berkali kali. Pakailah produk yang sesuai saja untuk membersihkan rumah secara teratur, manusianya rajin cuci tangan," tegasnya.

Seperti diketahui, Pemerintah Kota Surabaya telah memasang sedikitnya 239 unit bilik desinfektan di sejumlah wilayah. Diduga penggunaan cairan Prodestan tidak hanya digunakan di bilik desinfektan Bandara Juanda Surabaya, tapi juga di ratusan bilik.

Hingga berita ini diturunkan, pihak Pemkot Surabaya saat dikonfirmasi belum memberi keterangan terkait penggunaan cairan Prodestan yang disemprotkan ke manusia.