Diabaikan Indonesia, Ketua DPRD Gresik Hadiahi Juara Qori Internasional ONH Plus

 Indana Badi'ah mendapat hadiah ONH Plus usai menjadi juara qori internasional 2020/RMOLJatim
Indana Badi'ah mendapat hadiah ONH Plus usai menjadi juara qori internasional 2020/RMOLJatim

Tangis bahagia Indana Badi'ah (22) tak terbendung saat mengetahui dirinya mendapatkan bonus dari Ketua DPRD Gresik Fandi Ahmad Yani (Gus Yani). Ha ini menyusul prestasinya yang luar biasa dan mengharumkan nama Kabupaten Gresik.


Indah begitu sapaan sehari-harinya, merupakan juara Qori Internasional tahun 2020. Ia mendapatkan hadiah dari Gus Yani berupa diberangkatkan ke tanah suci untuk melaksanakan ibadah haji bersama ibundanya.

"Alhamdulillah, harapan saya sejak dulu yang ingin berangkat ke tanah suci bersama Abah dan Umi (Ayah dan Ibu) akhirnya terwujud dengan hadiah yang saya peroleh dari Gus Yani ini," ucapnya dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Selasa (4/8).

"Sebenarnya saya bercita-cita ingin bisa menunaikan Ibadah haji bersama kedua orang tua, tapi Abah sudah meninggal dunia. Maka dengan pemberian hadiah ONH plus yang saya peroleh ini, saya berangkat akan berangkat haji bersama Umi," ungkapnya.

Ditanya terkait prestasi luar biasa yang berhasil diraihnya, mahasiswa sekaligus guru di SMK Assa'adah Bungah Gresik ini menuturkan bahwa sejak usia 8 tahun dirinya sudah sering mengikuti perlombaan qiroah (baca Al Quran). Sejak dari sekolah dasar hingga dia duduk dibangku kuliah di Institut Agama Islam Qomarudin Bungah saat ini.

"Waktu kelas 3 SD saya sudah sering ikut lomba qiroah. Mulai dari perlombaan antar sekolah hingga antar perguruan tinggi. Bahkan, saya pernah ikut lomba MTQ tingkat nasional di Uniar pada 2019 lalu dapat juara I kategori mahasiswa," ujarnya.

"Prestasi tertinggi yang saya dapatkan pada April hingga Mei 2020 lalu, dalam lomba qiroah virtual tingkat internasional di Amerika Serikat saya berhasil meraih gelar juara II," katanya dengan bangga.

Kala itu, lanjut Indana, lomba qiroah yang berlangsung pada itu dilaksanakan secara virtual. Dikarenakan hampir seluruh dunia dilanda pandemi Covid-19. Para peserta dan penguji berkomunikasi via aplikasi zoom.

Ditambahkan Indah, waktu mendaftar sebagai peserta lomba tersebut, ia diharuskan mengirimkan dokumentasi lomba qiroah yang pernah diikutinya dalam dalam ajang internasional itu.

Acara tersebut diikuti oleh 50 peserta dari seluruh dunia dengan seleksi ketat dari pihak penyelenggara.

"Kerja keras saya lakukan selama mengikuti lomba qiroah internasional yang diselenggarakan oleh lembaga Iqro Network di Amerika Serikat itu. Alhamdulillah berbuah manis dan membanggakan. Karena saat pengumuman nama saya muncul sebagai pemenang kedua atau juara II," tukasnya.

"Setelah lebaran Idul Fitri lalu, saya sempat didatangi oleh Pak Qosim (Wakil Bupati Gresik) didampingi Mas Syahrul Munir (anggota DRPD Gresik). Waktu itu Pak Qosim bilang mau diusahakan dapat beasiswa perguruan tinggi, tapi sampai sekarang belum saya dapatkan," tandasnya.

Sementara, Gus Yani mengaku merasa sangat prihatin dengan tidak adanya pemberian reward terhadap putra-putri daerah yang berprestasi membanggakan seperti Indana Badi'ah membuat orang nomor satu di Parleman Gresik itu mengundangnya untuk diberi hadiah.

Ketua DPRD Gresik Fandi Ahmad Yani (Gus Yani) saat memberi bonus pada Indana Badi'ah/RMOLJatim

"Saat memberikan hadiah, saya mengajak Bu Min (Aminatun Habibah) agar prestasi yang diraih saudari Indana sebagai Juara Qiroah tongkat Internasional ini bisa menjadi motivasi kaum milenial," tegas Calon Bupati (Cabup) 2020.

Prestasi yang diukir Indah ini, lanjutnya, sudah seharusnya mendapatkan perhatian yang tinggi dari  Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik khususnya. Bukan malah disepelekan, apalagi diabaikan. Sebab Indah sudah mengharumkan nama baik daerah dan Indonesia.

"Terus terang kami merasa ikut terharu, ketika melihat Indana menangis bahagia saat apa yang dia impikan selama ini untuk bisa berangkat haji bisa terkabul. Saya harap bonus yang kami berikan dapat memberi semangat agar terus meningkatkan prestasi dalam mendalami ilmu Al Quran," pungkasnya.