Muswil Molor, Jabatan Pengurus DPW PAN Jatim Diperpanjang

Basuki Babussalam
Basuki Babussalam

Sebanyak 38 kader sudah mendaftar sebagai calon tim formatur dalam Musyawarah Wilayah (Muswil) PAN yang direncanakan dogelar bulan ini. Hal itu dikatakan oleh Ketua SC Muswil PAN Jatim, A Basuki Babussalam pada Kamis (13/8).


Menurut Basuki, setelah berkas pendaftar formatur diverifikasi dan lolos, maka hasilnya akan diserahkan ke DPP PAN. 

"Selanjutnya, DPP yang akan menetapkan menjadi calon formatur," kata Basuki yang juga Ketua Fraksi PAN di DPRD Jatim ini. 

Sejumlah nama yang masuk dalam bursa Calon Ketua PAN Jatim juga ikut mendaftar. Di antaranya, Ketua Komite Pemenangan Pemilu Wilayah (KPPW) DPW PAN Jatim, Achmad Rubaie dan Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar. 

Sayangnya, Jadwal Musyawarah Wilayah (Muswil) PAN Jawa Timur hingga saat ini belum ditentukan. Basuki menambahkan bahwa dengan belum keluarnya jadwal Muswil, DPP juga memperpanjang masa kepengurusan PAN Jatim. 

Mengingat, kepengurusan yang dipimpin Ketua DPW PAN Jatim, Masfuk, akan berakhir pada 10 Agustus 2020 lalu. 

Basuki pun optimistis, kepengurusan PAN Jatim tak akan menemui masalah sekalipun masa kepengurusan diperpanjang. "Karena Muswil belum terjadi maka perlu fatsun hukum baru. Maka, masa jabatan DPW PAN Jatim bisa diperpanjang hingga terselenggaranya Muswil," katanya. 

Menurut Sekretaris DPW PAN Jatim ini, kerja organisasi termasuk rekomendasi di pilkada juga tak akan menemukan kendala. Sekalipun, masa pendaftaran pasangan calon kepala daerah di Komisi Pemilihan Umum (KPU) paling akhir 6 September 2020 mendatang. 

Menurut Basuki, tak hanya PAN Jatim, beberapa daerah lain juga mengalami hal serupa. 

"Nggak mempengaruhi, kan (pelaksanaan Muswil) hanya selisih beberapa hari saja. Hal ini hanya menyesuaikan dengan jadwal Ketua Umum," pungkasnya. 

Dalam pelaksanaan Muswil, Tim formatur menentukan Struktur DPW PAN Jatim ke depan, termasuk Ketua DPW PAN Jatim periode 2020 – 2025 mendatang. Komposisinya, 4 formatur dari unsur PAN Jatim dan 1 formatur dari DPP PAN. 

Seluruh nama formatur dari unsur pengurus wilayah ditentukan oleh DPP melalui proses seleksi dan pendaftaran. Nantinya, apabila para formatur pada akhirnya tidak bersepakat untuk menentukan Ketua DPW, maka DPP akan mengambil alih.

Sementara itu, DPP PAN telah menunjuk Ketua DPP PAN, Mumtaz Rais, masuk dalam tim formatur Muswil. "Ketua DPP PAN Bidang Pengembangan Organisasi dan Keanggotaan (POK), Mumtaz Rais akan masuk dalam Tim Formatur," kata Wakil Ketua Umum PAN, Viva Yoga Mauladi.