Inilah Calon Pelatih Arsenal Musim Depan- Wenger Suka Siapa?

Arsene Wenger resmi mengundurkan diri dari jabatan pelatih Arsenal terhitung musim depan.


Siapa sosok ideal penggantinya?

Sejauh ini ada beberapa nama pengganti Arsene Wenger di Arsenal yang berkembang dalam be­berapa pekan terakhir. Sosok per­tama adalah eks pelatih Borussia Dortmund, Thomas Tuchel.

Pelatih asal Jerman itu diang­gap layak menggantikan Wenger di Arsenal karena memiliki visi dan misi yang sama soal pemain muda. Ketika masih menukangi Dortmund, Tuchel kerap memberikan kesempatan terhadap pemain muda. Hal yang sama dilakukan Wenger selama berkarier di Arsenal.

Pelatih Juventus, Massimiliano Allegri, menjadi sosok kedua yang dianggap layak menjadi penerus Wenger di Arsenal. Prestasi Allegri bersama Juventus menjadi bahan pertimbangan yang pas mengingat Arsenal sudah lama tidak meraih kesuksesan di liga.

Sosok Allegri sebenarnya sudah lama dikaitkan dengan Arsenal. Andai mampu mempersembahkan Scudetto untuk Juventus musim ini, pelatih asal Italia itu diyakini bakal mencoba peruntungan dan tantangan baru menukangi klub Inggris seperti Arsenal.

Sementara itu, sosok tera­khir adalah legenda Arsenal, Patrick Vieira. Pelatih klub Major League Soccer (MLS), New York City, itu merupakan rekomendasi dari Wenger.

Selama menjadi pemain, Vieira berhasil memberikan sejumlah kesuksesan untuk Arsenal. Pria Prancis itu mempersembahkan sembilan gelar untuk klub asal London Utara tersebut.

Legenda Arsenal yang pernah meraih sukses bersama Wenger. Vieira memenangkan tiga gelar Liga Premier semasa dilatih Wenger. Dia juga punya pen­galaman melatih. Ini merupakan tahun ketiga dia membesut New York City FC di Major League Soccer (MLS).

Wenger bahkan pernah me­nyebut Vieira merupakan so­sok yang tepat untuk melatih Arsenal. Kepemimpinan dia di lapangan, kata Wenger, meru­pakan cerminan kepemimpinan Vieira di kursi pelatih.

"Dia bekerja dengan baik bersama New York City FC yang merupakan bagian dari Manchester City. Saya yakin, suatu saat dia akan menjadi manajer yang potensial bagi Arsenal," kata Wenger.

"Saya mengikuti karier kepelatihan Vieira. Saya berpikir bahwa Liga Primer adalah spe­sial, membutuhkan sosok yang memiliki kecerdasan dan pengalaman seperti Vieira," lanjut pelatih asal Prancis tersebut. [RM]