Bupati Irna Akui Angka Pengangguran Di Pandeglang Tinggi

RMOLBanten. Bupati Pandeglang, Irna Narulita mengakui angka pengangguran di wilayahnya masih tinggi.


Kata dia, penyebabnya adalah karena Pandeglang merupakan wilayah yang masih didominasi oleh pertanian, dan masih tergolong sangat minim industri, sehingga tidak bisa menyerap tenaga kerja.

"Memang ibu (Irna menyebut dirinya, red) akui, Pandeglang juga menjadi salah satu daerah penyumbang angka pengangguran di Provinsi Banten ini. Tapi, ya harus bagaimana lagi, daerah kita kan lebih didominasi oleh kawasan pertanian, ketimbang industri," aku Irna Narulita, Rabu (8/5).

Karenanya Irna menyarankan agar para lulusan SMA dan SMK tetap melanjutkan pendidikannya ke jenjang perguruan tinggi. Agar nantinya, saat investasi di Pandeglang mulai tumbuh, SDM lokal Pandeglang sudah benar-benar siap bersaing untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja di Pandeglang.

"Bagi mereka yang harus bekerja keluar, mau tidak mau kami fasilitasi mereka, salah satunya dengan mempermudah pembuatan kartu kuning atau kartu pencari kerja, biar bisa bekerja di luar sana. Tetapi apabila kami sudah siap, industri sudah hidup, mereka harus kembali," tutupnya.