Pemkab Lebak Pantau Harga Kebutuhan Jelang Ramadhan

RMOLBanten. Pemkab Lebak bertekad menjaga stabilitas harga dan stok kebutuhan pokok menjelang bulan suci Ramadhan.


"Kami juga meminta kesediaan para pengusaha, bagaimana menjual produknya dengan harga yang wajar. Jangan sampai ada kenaikan, khususnya menjelang bulan puasa dan saat bulan puasa," kata Dede, Rabu (9/5).

Menurutnya, komitmen sudah disepakati pada  Rapat Koordinasi Tim Pengendali Daerah (TPID) Kabupaten Lebak di aula Setda Lebak, Selasa (8/5) lalu yang tujuannya menjaga stabilitas harga kebutuhan pokok seperti beras, minyak, telur, gas elpiji, daging menjelang bulan ramadhan.

"Rastra sudah terbukti ampuh dalam mempengaruhi penurunan harga beras, dengan tersendatnya panyaluran Rastra berakibat pada kenaikan harga beras," akunya.

Sementara Asisten Saerah II Setda Lebak, Budi Santoso menjelaskan, strategi yang harus dibangun antara pemerintah dengan dunia usaha menghadapi  Ramadhan dan Idul Fitri.

Salah satunya penentuan batas atas dan bawah tarif angkutan umum menjelang Ramadhan, karena hasil evaluasi tahun kemarin banyak ditemukan pelanggaran oleh pengusaha angkutan umum dengan menerapkan tarif jauh di atas yang ditetapkan oleh pemerintah.

"Tahun kemarin pun banyak sekali keluhan masyrakat terkait tarif angkutan umum. Kalau perlu sanksi tegas diterapkan. Kita akan terapkan kepada pengusaha angkutan umum yang melanggar ketentuan tarif yang telah ditetapkan pemerintah," tegasnya.[mor]