Manfaat Puasa Untuk Turunkan Berat Badan

RMOLBanten. Banyak sekali manfaat bagi tubuh kita, jika berpuasa di bulan ramadhan ini. Yang paling terasa dengan berpuasa yaitu dampak kesehatan menjadi meningkat.


Seperti diketahui bersama pengertian umum puasa atau saum, kata Ari yaitu menahan makan, minum, emosi dan  menahan berbicara yang tidak bermanfaat.

"Nah,  dengan berpuasa, kita dapat mengatur pola makan, mengatur insulin dan menurunkan kolesterol, mengatur tekanan darah serta menurunkan berat badan," katanya.

Lanjut Ari, problem masyarakat kita adalah soal berat badan ideal yang menjadi dambaan setiap orang, terutama wanita. Saat ini, kata Ari sudah banyak metode diet atau tindakan medis untuk menurunkan berat bandan.

"Namun jangan salah, setiap tindakan punya resiko atau efek samping bahkan dapat mengganggu kesehatan kita."

"Solusinya sederhana, puasa dan mengatur porsi jenis makanan dapat menurunkan berat badan kita," katanya.

Seperti apa porsi yang seimbang itu? yaitu, makanan yang terdapat karbohidrat protein dan lemak serta memilih jenis makanan yang sedikit mengandung minyak.

"Disarankan untuk mengurangi karbohidrat tinggi protein dan rendah lemak," katanya.  

Jenis makanan karbohidrat ini, selanjutnya akan di ubah menjadi glukosa dan disimpan di hati, otot dan sebagian langsung digunakan tubuh kita. Sedangkan protein dan lemak akan disimpan sesuai kebutuhan tubuh kita dan sebagian dikeluarkan lagi.
 
Yang paling penting suasana ramadhan ini, kata Ari, berolahraga setelah solat subuh dan tadarus dengan joging atau berjalan kaki 15 menit sehari. Biaskan dan jadikan rutinitas di bulan ramadhan, Insya Allah dapat menurunkan berat badan kita," katanya.
 
Makanan yang kita makan saat sahur, akan di olah tubuh kita, sebagian makanan akan disimpan di tubuh dan sebagian lagi digunakan untuk aktifitas.

Saat tiba jam makan siang, saat berpuasa, tubuh kita dengan sendirinya akan mengambil cadangan makanan yang akan diubah menjadi energi yang kita gunakan di siang hari.

"Karena kita sedang berpuasa maka energi yang diambil adalah cadangan makanan yang ada pada hati dan otot tadi, maka dari situlah berat tubuh kita akan berkurang atau kata lain berat badan kita dapat turun," katanya.

Kata Ari, saat berbuka puasa dianjurkan tidak berlebihan, karena setelah berbuka puasa aktifitas yang dilakukan sedikit. Dampaknya jika makan makanan berlebihna banyak mengandung gula dan tepung, itu justru dapat meningkatkan berat bandan.

"Pada akhirnya semua tergantung dan niat kita. Sayang kalau dilewatkan manfaat puasa dibulan ramadhan ini," katanya.

Terakhir kata Ari, buat yang berhasil menjaga pola makan di bulan puasa ini, semoga setelah bulan ramadhan ini kita sudah terbiasa dengan hidup sehat dan semakin meningkatkan keimanan. [dzk]