Kamis Depan- DPR Cek Kesiapan Penthatlon Asian Games Di Tangerang

RMOLBanten. Pelaksanaan Asian Games ke XVIII tahun 2018 hanya tinggal menghitung hari dan menjadi perhatian semua pihak.


Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Banten, Deden Apriandhi Hartawan, Senin (9/7) membenarkan rencana kedatangan Komisi X DPR RI ke sejumlah lokasi untuk pelaksanaan Asian Games di Kabupaten Tangerang.

"Jadwal yang kami terima dari DPR RI. Rombongan Komisi X Itu ada sekitar 25 orang termasuk pihak sekretariat dan tim jurnalis dari Jakarta," katanya.

Dede menjelaskan, selain meninjau penthatlon pada Asian Games 2018 di Kecamatan Tigaraksa Kabupaten Tangerang, rombongan Komisi X ini juga akan melakukan pertemuan dengan Gubernur Banten Wahidin Halim.

"Penthatlon itu gabungan lima gabungan cabang olahraga yang sekaligus dipertandingkan yakni, renang, anggar, menembak, berkuda dan lari. Kalau jadwal yang sudah ada, pertemuan-pertemuan bisa saja berubah, kita lihat situasi dan kondisi saja," ungkapnya.

Lanjut Deden, saat ini pihaknya masih terus berkoordinasi dengan panitia Asian Games, INASGOC, pemerintah kabupaten/kota yang wilayahnya dilintasi obor, serta organisasi perangkat daerah (OPD) dilingkungan pemprov.

"Ada beberapa OPD di Pemprov Banten yang terlibat, selain Dispora, ada Dishub, Dinas Pariwisata, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Satpol PP. Ini kami terus koordinasikan," unkapnya.

Dengan sejumlah kabupaten/kota yang dilintasi oleh obor, pihaknya sudah berkoordinasi. Mulai dari awal di Pelabuhan Merak Cilegon, sampai di Museum Provinsi Banten.

"Kita persiapkan, termasuk nanti pada saat obor Asian Games melintas di Banten suasana menjadi semarak, seperti ada anak sekolah dan pramuka. Ini yang terus kami komunikasikan lagi," ungkapnya.

Diketahui, pesta olahraga Asian Games 2018  ini diselenggarakan mulai 18 Agustus-2 september. Ada 40 cabang terdiri dari 32 cabang olahraga olimpiade dan 8 cabang non olimpiade. [dzk]