Proyek Taman Sukowati Senilai Rp 2 Miliar Terancam Distop

DPRD Ngawi menyoroti proyek akhir tahun anggaran 2018. Hal ini menyusul banyaknya proyek milik pemerintah tidak beres hingga tahun berganti. Salah satu proyek yang direkomendasikan distop adalah pembangunan Taman Sukowati oleh CV Sugihwaras selaku rekanan yang menggarap proyek taman di Dungus, Desa Karangasri, Kecamatan/Kabupaten Ngawi senilai Rp 2,078 miliar.


Ditambahkan Slamet, Dinas Lingkungan Hidup (LH) Ngawi harus menghitung secara cermat berapa volume yang dihasilkan termasuk kualitas dari proyek itu. Kalau volumenya tercapai jika kualitasnya buruk tetap dilakukan pembongkaran pada proyek yang dikerjakan oleh rekanan asal Bojonegoro itu.

Legislator PDIP ini menegaskan, hasil sidak pada Rabu (5/12), progresnya baru mencapai 39,04 persen. Apabila dilihat besaran nilai progresnya jelas tidak mungkin akan rampung pada 12 Deaember 2018 mendatang. Sedangkan di satu sisi pihak rekanan sendiri sudah mencairkan anggaran senilai 30 persen atau sekitar Rp 600 juta dari nilai kontrak yang diteken.

Di tempat yang sama, Dodi Aprilasetia, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dari Dinas Lingkungan Hidup Ngawi mengaku akan segera menyiapkan dokumen yang diperlukan untuk melaksanakan break contract.

Dodi menyatakan, koordinasi dan komunikasi dengan pelaksana yakni CV Sugihwaras sendiri tidak berlangsung dengan baik.

"Bahkan catatan dari konsultan pengawas juga sudah luar biasa, sudah pula dipanggil tapi tidak mau datang,” ujar Dodi.

Dinas LH sendiri dalam menangani proyek ini, setelah melihat catatan dari konsultan pengawas, juga telah melayangkan surat peringatan sebanyak 3 kali dan juga memanggil dalam show cause meeting (SCM) atau rapat pembuktian keterlambatan.

"Melihat berbagai masukan ini, sangat tidak mungkin proyek ini akan selesai,” sesalnya.

Seperti diketahui, proyek berbandrol miliaran rupiah itu sebelumya diperoleh CV Sugihwaras melalui masa lelang. Dan kesanggupan pelaksana juga termaktub dalam pakta integritas. Pekerjaan yang dilakukan selain membuat taman juga membuat patung dan landasannya. Taman Sukowati sendiri dibangun dengan harapan memperindah lingkungan.[dik/aji]