Menteri Perindustrian Puji Kinerja PT INKA

Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto memuji kinerja PT INKA (Persero) karena telah mampu menembus pasar internasional. Pernyataan itu disampaikan Airlangga saat PT INKA mengirimkan 15 kereta pesanan Bangladesh melalui Pelabuhan Jamrud, Tanjung Perak, Surabaya, Minggu (20/1)


Dikatakan Airlangga, INKA sebagai perusahaan BUMN yang memproduksi kereta dinilai telah memiliki kompetensi untuk bersaing di Pasar Internasional.

"Walaupun bersaingan dengan negara lain dengan tender, INKA bisa memenangi persaingan,"kata Airlangga.

Airlangga mengaku akan memperkuat eksport produk-produk industri  strategis dengan membantu pembiayaan yang dikucurkan Pemerintah melalui Bank Eksport Import Indonesia.

"Dengan demikian, akan memperkuat persaingan di pasar internasional,"ujar Airlangga.

Seperti diberitakan sebelumnya, PT INKA (Persero) berhasil memenangkan tender sebanyak 25O kereta dari Bangladesh Railway pada tahun 2017 dengan total nilai kontrak sebesar 100, 89 juta dolar AS.

Sebelumnya pada tahun 2016, INKA juga telah mengekspor sebanyak 150 kereta dengan nilai kontrak seniai 72,39 juta dolar AS dan 50 kereta ke Bangladesh pada tahun 2006 dengan nilai kontrak 13,8 juta dolar AS.

Selain ke Bangladesh, INKA juga pernah memenuhi pesanan kereta ke luar negeri lainnya meliputi Power Generating Car (PGC) dan gerbong barang ke Malaysia Vell Wagon ke Singapura; Ballast Hopper Wagon (BHW) ke Thailand, Lokomotif ke Filipina dan Blizzard Center Sills ke Australia.