Empat Sekolah Pamerkan Produk Inovasi Di Kompetisi Kewirausahaan EMCL

Dalam kompetisi kewirausahaan yang diselenggarakan ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) bersama Prestasi Junior Indonesia (PJI), empat sekolah di Bojonegoro antara lain SMAN 2 Bojonegoro, SMKN Purwosari, SMAN 1 Tuban, dan SMK Migas Cepu mempresentasikan pencapaian usaha serta memamerkan produk inovasi dari bisnis mikro yang dijalankan di sekolah.


Dia menambahkkan, setiap individu memiliki kesempatan untuk mengoptimalkan potensi diri mereka dalam berwirausaha. Oleh karena itu, kami sangat senang dapat memulai kemitraan dengan ExxonMobil tahun ini untuk mempromosikan kewirausahaan kepada generasi muda Indonesia.

Bisnis bentukan para pelajar Bojonegoro, Tuban dan Blora mengindikasikan pencapaian usaha yang positif. Dengan produk berkualitas yang mampu bersaing di pasar, mereka berhasil mengumpulkan omzet penjualan lebih dari Rp 16 juta selama tiga bulan beroperasi.

Keempat perusahaan siswa tersebut di antaranya, SMAN 2 Bojonegoro mendirikan VOA SC dengan produk ‘Moa-Moa’, pengharum serbaguna untuk mobil, sepatu, helm dan lemari yang terbuat dari arang.

SMKN Purwosari mendirikan Little Best SC dengan produk ‘Sari Batik’, tas dan aneka aksesoris yang memanfaatkan limbah kain batik khas Bojonegoro.

SMAN 1 Tuban mendirikan Sacovation SC dengan produk ‘Sacovalish’, semir sepatu berbahan baku limbah perwarna Batik Gedog Tuban dan SMK Migas Cepu mendirikan Migasco SC dengan produk ‘d’BGZ’, sepatu, slipper dan totebag dari olahan pelepah pisang.

Keempat sekolah bersaing memperebutkan gelar ‘The Best Student Company’ dalam kompetisi ini. Satu sekolah terbaik akan bersaing dengan sekolah-sekolah dari regional lainnya dalam kompetisi bisnis tingkat nasional, Indonesia Student Company Competition 2019, yang akan diselenggarakan di Jakarta pada Agustus mendatang.[isa/aji]