Konstituen Mutlak Ingin PKS Jadi Oposisi Jokowi

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dengan tegas menyatakan oposisi usai Pilpres 2019. PKS menjadi satu-satunya partai yang dengan tegas menyatakan di luar pemerintahan Joko Widodo.


"Sampai hari ini kita tetap dalam posisi melaksanakan putusan Majelis Syuro, yaitu kami berada di luar pemerintahan," ujar Wakil Ketua Majelis Syuro PKS, Hidayat Nur Wahid di Gedung Nusantara III, Senayan, Jakarta, Selasa (30/7).

Posisi sebagai oposisi juga sudah mendapat dukungan dari mayoritas kader dan pendukung PKS. Dukungan itu bahkan disampaikan langsung kepada Presiden PKS, Sohibul Iman.

"Presiden partai sudah bertemu dengan kader PKS di banyak tempat di Indonesia dan kalau beliau bertanya ya konstituen PKS mayoritas mutlaknya menginginkan tetap konsisten (jadi oposisi)," jelasnya.

Menurutnya, menjadi oposisi bukan satu hal yang salah. Bahkan, PDIP yang kini menjadi pemenang pemilu juga pernah menjadi oposisi.

"Kalaupun sekarang PKS berada di luar kabinet nggak perlu dianggap sebagai suatu hal yang dalam tanda kutip harus dicurigai," pungkasnya.[bdp]