Munculnya Sarang Tawon Gung Hantui Warga Kediri

. Kabar tentang kematian seorang pencari daun cengkeh di wilayah Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri yang disebabkan sengatan lebah beberapa hari lalu membuat masyarakat was-was dan dihantui rasa ketakutan.


Mengantisipasi kemungkinan buruk yang terjadi, BPBD Kabupaten Kediri kemudian mengutus sejumlah petugas Pemadam Kebakaran dari Pemda untuk menindak lanjuti laporan terkait keresahan warga tersebut.

"Itu yang berangkat petugas dari Pemadam Kebakaran ke lokasi, menindak lanjuti laporan dari warga tentang keberadaan sarang tawon," ujar Randy Agatha, Kepala BPBD Kabupaten Kediri, Selasa, (13/8).

Satu orang petugas kemudian naik ke atap rumah, dengan memakai kelengkapan seragam keselamatan, dan penutup kepala dengan penuh ke hati-hatian, perlahan sarang tawon gung tersebut di evakusi diturunkan ke bawah. Selain melalui proses evakuasi, selanjutnya  petugas Pemadam Kebakaran menyemprotkan air ke arah sarang lebah tersebut.

"Kalau menurut cerita angota saya yang pernah tersengat tawong gung katanya, tubuh bisa demam. Kalau apa yang terjadi di Puncu beberapa waktu lalu saya kurang tahu, cuman dengar kabar aja," papar Randhy Agatha.

Sekedar diketahui, peristiwa penyerangan tawon gung tidak hanya terjadi di wilayah Kabupaten Kediri saja, melainkan sebelumnya juga merambah masuk ke Kota Kediri. Beberapa waktu lalu sejumlah pelajar Sekolah Dasar terpaksa harus dilarikan ke Klinik untuk menjalani perawatan setelah diserang se kawanan lebah.

Dalam kejadian ini, 5 pelajar mengalami luka sengatan disekujur tubuhnya. Pasca kejadian itu, pihak BPBD Kota Kediri akhirnya melakukan evakuasi sarang tawon tersebut dari tempatnya.

"Kalau di wilayah Kota Kediri, kita sudah melakukan dua kali evakuasi sarang tawon," papar Adi Sutrisno selaku Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Kediri. [ndik/mkd]