Pemanjat Tebing Probolinggo Kibarkan Merah Putih Raksasa

Bendera merah putih raksasa dikibarkan di tebing Kalipedati, Desa Kalianan, Kecamatan Krucil, Kabupaten Probolinggo.


"Bendera raksasa dengan ketinggian 74 meter sudah berkibar. Ini sengaja mengambil ketinggian 74 meter, karena menyesuaikan dengan Hari Kemerdekaan ke 74 Republik Indonesia,” jelas Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Kadiskominfo) Pemkab Probolinggo, Yulius Christian di lokasi dikutip Kantor Berita .

Menurut Yulius, pengibaran Merah Putih di tebing merupakan pertama kali dilakukan oleh Pemkab Probolinggo. Apalagi katanya, tebing Kali Pedati merupakan tebing yang indah dan masih belum terjamah masyakarat.

"Tebing Kalipedati ini Tebing yang indah dan itu ternyata ada di Kabupaten Probolinggo. Jadi sangat wajar sekali kalau pengibaran Bendera Merah Putih pertama dilakukan di tebing ini,” ungkap mantan Camat Sukapura ini.

Untuk memanjat tebing, lanjut Yulius, tim melibatkan empat orang atlet panjat tebing yang sudah profesional dari FPTI Kabupaten Probolinggo. Mereka yang memanjat adalah Azriel, Wicaksono, Syaiful Anwar dan Bambang.

"Mereka itu semuanya sudah profesional. Nah untuk pemanjat tebing yang paling muda yaitu Azriel dia masih berusia 13 tahun,” urainya.

Yulius melanjutkan, meskipun baru pertama kali dilakukan oleh Pemkab Probolinggo, namun pihaknya akan mengagendakan setiap tahun pada peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia.

"Selanjutnya kita agendakan setiap tahunnya dan sambil mencari tebing-tebing yang lain di Kabupaten Probolinggo ini,” jelasnya.

Sementara Ketua FPTI Kabupaten Probolinggo, Adimas Lutfi Putra Jaya mengatakan, pengibaran Merah Putih raksasa menjadi semangat tersendiri bagi para atlet panjat tebing.

"Kegiatan ini akan kami jadikan tonggak penanda semangat para atlet panjat tebing Kabupaten Probolinggo untuk mengharumkan nama daerah, melaui prestasi cabang olahraga panjat tebing kedepannya,” sebutnya.[ful/aji]