DPR Minta 10 Capim KPK Buat Makalah

RMOLJAtim. Komisi III DPR RI memulai tahapan uji kelayakan dan kepatutan kepada 10 calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (Capim KPK) pada hari ini, Senin (9/9).


Wakil Ketua Komisi III Fraksi Gerindra, Desmond J. Mahessa menyampaikan bahwa dalam pembuatan makalah ini, pihaknya sudah menyiapkan 14 topik yang kemudian akan diberikan kepada 10 Capim KPK.

Para capim akan mengikuti prosesi pengundian untuk menentukan topik apa yang dia dapatkan. Nantinya, makalah ini akan menjadi dasar komisi III untuk mengetahui sejauh mana pemahaman para capim tentang KPK.

"(Ini) dasar kami sebagai modal apakah mereka paham enggak. Nah tentunya bagi anggota yang akan menyeleksi 14 pertanyaan ini kan hasil diskusi persoalan-persoalan yang hari ini jadi catatan-catatan bagaimana baik buruk KPK ke depan," ujar Desmond, di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta.

Adapun, 14 topik yang bakal diangkat dalam makalah nanti merupakan isu-isu terikini yang tengah menjadi perbincangan di muka publik.

"Misal persoalan penyidikan yang hari ini dibicarakan. SP3, bicara soal dewan pengawas, tentang review ulang sejak KPK berdiri sampai sekarang ada outputnya enggak, ada kemajuan apa enggak, ada perubahan enggak dengan ada lembaga ini. Lalu apakah calon-calon ini memahami sekian banyak problem," jelasnya seperti dimuat Kantor Berita Politik RMOL.

Berdasarkan agenda yang diterima, tahapan uji kelayakan dan kepatutan 10 Capim KPK ini akan dimulai sekitar pukul 14.00 WIB di Ruang Rapat Komisi III DPR RI di Gedung Nusantara II. [mkd]