Unesa- Kampus Terbanyak Boyong Medali Pomnas

Berdasarkan data perolehan medali konstribusi perguruan tinggi Jawa Timur (Jatim), pada Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) ke XVI, Universitas Negeri Surabaya (Unesa) menjadi kampus terbanyak yang memboyong medali dengan total perolehan sebanyak 44 medali.


Kompetisi dalam olahraga, lanjutnya,  bukan semata-mata untuk bersaing dan berorientasi pada hasil. Prestasi hanyalah bonus. Menurutnya, yang utama adalah pada usaha para generasi kita untuk berjuang dan membawa nama baik almamater dan daerahnya.

Dia berharap, semangat atlet Jatim dan dari Unesa semakin terpupuk usai dari Pomnas yang baru ditutup akhir pekan lalu itu. Dia juga berharap bahwa olahraga bisa memupuk semangat kebersamaan dan bisa mendorong terciptanya persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

"Sudah saatnya, olahraga berperan menyatukan bangsa Indonesia. Lewat pomnas itu, bukan lagi membawa ego daerah, tapi membawa nama bangsa Indonesia,” tuturnya.

Dalam Pomnas ke XVI yang diselenggarakan pada 18 sampai dengan 26 September 2019 laku, Jatim  menempati posisi ke-3 sebagai provinsi terbanyak yang mendapatkan medali emas setelah DKI Jakarta dan Jawa Barat.

Dari total 22 medali emas yang diboyong Kontingen Jatim banyak disumbang oleh tim dari Fakultas Ilmu Olahraga (FIO) Unesa, sebanyak 11 medali emas dalam berbagai cabang olahraga untuk putra dan putri. Selain itu, Unesa juga mempersembahkan 11 medali perak dan 22 perunggu.[isa/aji