Jokowi Beri Instruksi Khusus Wempi Wetipo Soal Papua

Jhon Wempi Wetipo, putra asli Papua ditunjuk sebagai Wakil Menteri PUPR. Presiden Joko Widodo berharap Wempi dapat membantu pemerintah dalam rangka membangun infastruktur di wilayah Indonesia Timur, termasuk Papua.


"Presiden lebih menekankan kepada saya bagaimana melakukan fungsi pengawasannya (pembangunan infrastruktur),” kata Wempi dilansir dari Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (25/10).

Presiden, sambung Wempi, juga menekankan kepadanya untuk memastikan program Nawacita terlaksana dengan baik. Sehingga dalam pembangunan infastruktur di wilayah Indonesia Timur yakni Papua, Papua Barat, Maluku, NTT, dan NTB tidak terjadi ketimpangan sosial.

"Itu harapan pak Presiden, dan saya harap bisa membantu bapak Menteri untuk bisa melakukan kebijakan pak Presiden itu,” ujarnya.

Dalam mengawal percepatan pembangunan infastruktur di Papua yang kerap mendapat gangguan dari kelompok-kelompok kriminal bersenjata, Wempi menekankan dirinya secara khusus diminta oleh presiden, di luar tanggung jawabnya sebagai Wamen PUPR, untuk menyelesaikan persoalan tersebut.

"Itu satu tugas khusus bagaimana saya bisa membantu untuk memulihkan kondisi keamanan di Papua,” imbuh mantan Bupati Jayawiya dua periode itu.

Adapun formulanya, sebagai putra asli Papua ia menekankan bakal melakukan koordinasi yang efektif dengan TNI dan Polri. Terutama dalammengoptimalkan komunikasi yang baik dan komprehensif dengan tokoh adat, tokoh masyarakat, dan kaum intelektual yang ada di Papua. Sehingga tercipta persepsi yang sama bagaimana mengawal pembangunan infastruktur di Papua.

"Juga untuk sama-sama memulihkan kondisi Papua yang lebih baik, sehingga proses membangun infrastruktur tidak terhalang oleh gerakan yang akan mengganggu kebijakan Presiden,” demikian Wempi.[aji