ITS Tantang SDM Salurkan Ide Inovatif Lewat ITSProvement

Untuk lebih menumbuhkan kreativitas dan inovasi sumber daya manusia (SDM)-nya, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menantang para tenaga kependidikan (tendik) atau karyawannya untuk beradu ide dalam kegiatan bertajuk ITSProvement. Berbagai ide kreatif para tendik ITS yang dilombakan tersebut dipamerkan di Plaza dr Angka, kampus ITS, Rabu (30/10).


Sementara itu, Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng dalam sambutannya, juga turut memberikan apresiasi terhadap kegiatan ini. Dari tahun kemarin, rektor yang kerap disapa Ashari ini telah dikagumkan dengan ITSProvement, karena di sini tendik dapat memberikan karya yang luar biasa untuk perkembangan ITS.

"Kami menyampaikan apresiasi karena sudah berkontribusi besar kepada ITS,” ujarnya.

Ashari mengatakan bahwa ITS memfokuskan kepada layanan, sehingga sebuah layanan harus terus diperbaiki. Untuk meningkatkan layanan dapat dibantu dengan aplikasi dan teknologi informasi.

"Lalu tugas ITS untuk menyempurnakan dan mengimplementasi peningkatan layanan di bidang masing-masing,” ujar guru besar Teknik Elektro ITS ini.

Wakil Rektor III ITS bidang Sumber Daya Manusia, Organisasi, dan Teknologi dan Sistem Informasi, Dr Eng Ir Ahmad Rusdiansyah MEng mengatakan, ITSProvement ini dapat menjadi tempat untuk mewujudkan ide-ide menjadi sebuah prototype.

Seorang yang inovatif tidak akan kehabisan ide, karena yang ada saat ini juga bisa menjadi sumber ide,” tandasnya mengingatkan.

Pria yang sering disapa Doddy ini mengatakan, dalam hal ini perlu lebih banyak keterlibatan dari pimpinan seperti dekan dan kepala departemen yang diharapkan bisa turut hadir di kegiatan ini. Karena ini merupakan perayaan besar untuk menghargai karya-karya tendik ITS.

"Mahasiswa punya Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas), tendik punya acara luar biasa ini (ITSProvement, red),” ungkap dosen Teknik Industri ini.

Nur Hasan SSi MKom, salah satu peserta ITSProvement 3.0 yang tergabung dalam tim SI-PANK dan tim E-Lib ini mengungkapkan, ada banyak manfaat yang didapatkan secara pribadi maupun secara unit kerja di ITS. Secara pribad, ia merasa pemikirannya menjadi lebih berkembang dengan adanya konsep yang diajarkan.

"Selain itu, secara unit juga terbantu dengan output yang dihasilkan,” tuturnya.

Sementara, pada kompetisi ITSProvement 3.0 ini, Tim - K jadi pemenang kategori IT dengan inovasinya E - Kuesioner ITS (E-KITS) yaitu sistem informasi pembuatan, penyebaran, pengisian, dan penghitungan kuesioner ITS. Sedangkan dari kategori manajemen dimenangkan oleh Tim Elektroda dengan aplikasi monitoring, pemeliharaan dan perawatan AC secara terpusat.[isa/bdp