Disbudparpora Kota Kediri Ajak Pelajar SMP Belajar Sejarah Di Museum Airlangga

Dinas kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaaan dan Olahragah Kota Kediri memilki cara tersendiri untuk mengedukasi para pelajar agar tertarik terhadap pengatahuan sejarah. Salah satu cara atau upaya yang dinilai relevan adalah mengajak para pelajar ini untuk melaksanakan kegiatan belajar bersama langsung di gedung Museum Airlangga II , di area Lokasi Wisata Goa Selomangkleng. Kegiatan ini melibatkan ratusan pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negri mau pun swasta di Kota Kediri.


Dalam keteranganya, Nur Muhyar selaku Kepala Disbudparpora Kota Kediri mengatakan, pelaksanaan kegiatan belajar bersama di museum Airlangga ini diselenggarakan mulai tanggal 25 sampai dengan 27 November 2019. Pelaksanaan dumulai pukul 08.00 wib sampai dengan 12.30 wib.

"Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan pembelajaran kepada kepada siswa tentang kejayaan masa lalu, yang bisa menjadikan motivasi untuk meraih prestasi yang lebih baik lagi dimasa sekarang," Papar Nur Muhyar dalam keteranganya Selasa (26/11).

Ratusan peserta yang ikut dalam kegiatan ini nampak begitu antusias. Ini terlihat ketika mereka kosenterasi menyimak penjelasan  materi yang disampaikan oleh nara sumber.

Sekilas mengenai Museum Airlangga yang berlokasi dijalan Mastrip Kecamatan Mojoroto Kota Kediri tersebut, lokasinya berada dilereng kaki Gunung Klotok. Museum ini berdiri pada tanggal 30 November 1991 dengan cakupan luas area 6670 m2.

Museum ini menampung 147 buah koleksi Arkeologi maupun Etnografi. Di museum Air langga terdapat dua gedung museum. Gedung Arkeologis diperuntukkan untuk menaruh benda purbakala jenis Artefak atau arca.

Sementara untuk Gedung Etnografis khussu penempatan benda kebudayaan yang berkembang semacam paginangan, senjata jaman kerajaan dan keramik.
Benda purbakala yang ditaruh dimuseum Airlangga pada umumnya ditemukan diwilayah Nganjuk, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri hingga Kota Kediri. [ndik/mkd]