Pembangunan Alun-Alun Surabaya Capai 40 Persen- Akhir Tahun Jalan Yos Sudarso Dapat Lewati

Kepastian jalan Yos Sudarso pada akhir tahun ini, sudah bisa dilalui pejalan kaki dan pesepeda lantaran progres keseluruhan proyek pembangunan basement Alun-Alun Surabaya ini sudah mencapai 40 persen.


Tahap kedua adalah pengerjaan konstruksi dinding penahan tanah, pondasi, sekaligus kolom konstruksi basement. Semua itu dikerjakan dalam waktu sekitar dua bulan.

Saat ini konstruksi pondasinya sudah kelar. Pengerjaannya ini memakan waktu dua bulan. Mulai akhir September kemarin  sampai awal Desember,” ujar Kepala Bidang Bangunan dan Gedung, DKPCKTR Surabaya, Iman Krestian pada Kantor Berita , Sabtu (7/12).

Setelah pengerjaan konstruksi pondasi rampung, Iman menyebut, pembangunan ketiga adalah penggalian tanah sedalam tiga meter. Penggalian tersebut digunakan untuk pemasangan scaffolding (cetakan beton).

Scaffolding ini untuk konstruksi atapnya atau cor balok dan plat untuk lantai jalan,” imbuhnya.

Bersamaan dengan pemasangan scaffolding itu, Iman memastikan bahwa pihaknya juga menyiapkan penyambungan dengan konstruksi basement. Selanjutnya, tahap keempat adalah pengerjaan pembesian dan pengecoran balok.

Di samping pengerjaan pembesian dan pengecoran, nanti juga ada pemasangan plat atap basement. Dihitung kurang lebih sekitar dua minggu pengerjaannya,” paparnya.

Setelah semua selesai, sebelum dapat dilintasi pesepeda dan pejalan kaki, tahap terakhir adalah penggalian di bawah plat atap basement di Jalan Yos Sudarso.

Bersamaan dengan ini kami menunggu proses kematangan beton atap basement agar siap digunakan pada akhir tahun 2019. Harapannya semoga berjalan lancar dan sesuai harapan,” pungkasnya.

Seperti diberitakan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya akan melanjutkan pengerjaan tahap empat proyek basement Alun-alun Surabaya yang berada di Jalan Yos Sudarso, Surabaya.

Untuk mendukung kelancaran selama pengerjaan, Pemkot Surabaya akan menutup sementara Jalan Yos Sudarso yang berlangsung enam bulan.

Penutupan jalan itu dimulai dari tanggal 31 Agustus pukul 24.00 wib dan langsung dimulai pengerjaan pembuatan konstruksi basement.

Pengerjaan basement Jalan Yos Sudarso selama enam bulan itu, terdiri dari pembuatan dinding penahan keliling, pembuatan atap plat basement (landasan jalan) dan penggalian bawah tanah.

Sedangkan pengerjaan Alun-alun Surabaya yang menggunakan anggaran multiyears ini ditarget keseluruhan selesai pada Desember 2020.

Dengan total anggaran keseluruhan Rp 70 miliar. Tahun 2019 dianggarkan Rp 20 miliar dan sisanya di tahun depan.[bdp]