Deputi Kemenpan RB Dukung Pembangunan MPP Sidoarjo Barat

Mengecek pelayaan riil Mall Pelayanan Publik Sidoarjo, Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), Prof Diah Natalisa mendatangi Mall Pelayanan Publik (MPP) di JL Raya Lingkar Timur, Sidoarjo, Jumat (13/12).


Bahkan dia juga mendengarkan rencana Pemkab Sidoarjo membangun MPP baru di wilayah Kecamatan Sukodono.

"Kami datang ini, untuk mengecek langsung sistem pelayanan di MPP. Karena MPP Sidoarjo masuk role model Indonesia. Kami mengecek bentuk pelayanannya dan sistem kepuasan dari pelayanan satu atap yang disediakan pemerintah. Intinya melayani dan memudahkan masyarakat mendapat pelayanan," terang Prof Diah Natalisa, Jumat (13/12).

Lebih jauh, Diah mengakui pelayanan di MPP Sidoarjo semakin membaik. Bahkan jika saat diresmikan kemarin, ruangannya masih terlihat longgar. Namun kini, sudah dipenuhi warga yang membutuhkan pelayanan. Karenanya, pihaknya mendukung sepenuhnya rencana Pemkab Sidoarjo untuk membangun MPP di wilayah Kecamatan Sukodono.

"MPP di wilayah barat (Sukodono) akan semakin mendekatkan warga yang membutuhkan pelayanan dalam satu atap itu," jelasnya kepada Kantor Berita

Menurut Diah, Kemenpan RB tidak akan membantu MPP Sidoarjo saat peresmian saja. Akan tetapi, juga akan membantu saat proses pelayanan berjalan (dioperasikan).

"Prinsipnya setiap tahun harus ada perubahan pelayanan yang memudahkan pelayanan ke masyarakat dan mempercepat waktu pelayanan. Kalau dulu pelayanan perizinan manual dan harus bertatap muka sekarang tinggal klik izin online berjalan lebih cepat," tegasnya.

Dalam sidak itu Prof Diah Natalisa didampingi Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Pemkab Sidoarjo, Ari Suryono dan jajarannya. Selain itu, juga didampingi Kasat Lantas Polresta Sidoarjo, AKP Eko Iskandar.

Ari Suryono menegaskan jika kebijakan pelayanan MPP itu dikaji Kemenpan RB. Karena itu, dalam waktu semalam, Deputi Pelayanan Publik Kemenpan RB ingin mengunjungi sistem pelayanan di MPP ini.

"Karena semakin banyak warga yang merasakan kemudahan pelayanan di MPP, maka Pemkab Sidoarjo berencana membangun MPP di wilayah Sukodono (barat) itu. Kemungkinan besar akan disetujui Kemenpan RB. Semua ingin memudahkan dan mendekatkan pelayanan ke masyarakat," tandasnya. [sp/mdk]