Innalillahi, Gus Solah Tutup Usia

KH Salahudin Wahid atau Gus Solah dikabarkan meninggal dunia. Gus Solah meninggal setelah kesehatannya sempat menurun pasca operasi jantung Minggu siang (2/2).


Kabar kepergian pemimpin Pondok Pesantren Tebu Ireng, Jombang, Jawa Timur ini disampaikan putranya, Irfan Wahid, melalui akun Twitter beberapa saat lalu sekitar pukul 20.50 WIB lalu.

"Gus Sholah baru saja wafat, pada pukul 20.55 WIB. Mohon dimaafkan seluruh kesalahan," demikian unggahan Ipang Wahid, Minggu malam (2/2).

Dilansir Kantor Berita Politik RMOL, saat ini jenazah Gus Solah masih berada di ruang ICU dan akan segera di bawa ke kediaman di Jalan Tendean, Jakarta Selatan.

Rencananya jenazah akan di makamkan di komplek pemakaman Pondok Pesantren Tebu Ireng, Jombang, Jawa Timur.

Gus Solah sendiri sudah dua pekan lamanya dirawat di RS Harapan Kita, Jakarta. Adik mantan Presiden KH Abdurrahman Wahid ini disebutkan harus menjalani operasi ablasi untuk mengatasi gangguan irama jantung yang dalam ilmu kedokteran disebut aritmia.

Cucu dari pendiri Nahdlatul Ulama KH Hasyim Asyari dan putra dari KH Wahid Hasyim ini lahir di Jombang pada 11 September 1942.

Alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) ini pernah menjadi anggota MPR RI dan juga Wakil Ketua Komnas HAM. Gus Solah meninggalkan seorang istri, Nyai Hj. Farida.

.