Jelang HPN, RMOLJatim Adakan Pelatihan Jurnalis di MA Sunan Ampel

Jelang Hari Pres Nasional (HPN) 2020, Kantor Berita RMOLJatim melakukan pelatihan jurnalistik untuk puluhan siswa di Madrasah Aliyah (MA) Sunan Ampel, Desa Kamalkuning, Kecamatan Krejengan, Kabupaten Probolinggo.


Pelatihan jurnalistik yang juga menggandeng Bawaslu Jatim, Ellya Anggraini dan Bawaslu Kabupaten Probolinggo itu, agar di era revolusi digital ini makin menumbuh suburkan jurnalisme warga di tengah masyarakat.

Karena, setiap individu bisa menginformasikan peristiwa yang terjadi di sekelilingnya maupun permasalahan lokal cukup melalui smartphone.

Tentu saja informasi yang disampaikan haruslah sesuai fakta dan mengandung kebenaran bukan berita palsu ataupun hoaks.

"Kami berupaya membimbing para siswa untuk melek dalam dunia kewartawanan melalui pelatihan jurnalistik," ujar Saifullah, Jurnalis Kantor Berita RMOLJatim saat memberi pelatihan Jurnalistik, Rabu (5/2) siang.

Pelatihan jurnalistik untuk puluhan siswa di Madrasah Aliyah (MA) Sunan Ampel Probolinggo/RMOLJatim

Dalam pelatihan itu, setiap siswa mendapatkan berbagai materi antara lain dasar-dasar penulisan berita, fotografi, dan praktek pembuatan berita.

"Minimal siswa bisa memberitakan berbagai kegiatan di lingkungan sekolah maupun luar sekolah sesuai kaidah jurnalistik," sebutnya.

Sementara itu, Kepala MA Sunan Ampel, Muntaha menjelaskan adanya pelatihan tersebut agar kedepannya untuk memancing para siswa aktif dalam tulis menulis.

"Kedepannya supaya para siswa harus aktif menulis. Karena dengan menulis dan mengarang itu bisa menumbuhkan semangat baru bagi para siswa," pungkasnya.

Dalam pelatihan tersebut juga dihadiri Kordiv Hubal Humas Bawaslu Jatim Ellya Anggraini, Bawaslu Kabupaten Probolinggo, MWCNU Krejengan.