Dalam Kunjungan Spesifik Terkait Permasalahan Petani

Anggota Komisi IV DPR RI Fraksi PPP (Partai Persatuan Pembangunan), Ema Ummiyatul Chusna melakukan kunjungan spesifik terkait permasalahan petani di Desa Tamping Mojo, Kecamatan Tembelang, Kabupaten Jombang, Jumat (07/02/2020).


Para petani tersebut mengeluhkan sejumlah persoalan yang membuat hasil panen kurang optimal. Diantara persoalan itu, adanya serangan hama tikus, distribusi pasokan pupuk, dan sistem irigasi yang terhambat, juga kurangnya pemberdayaan petani perempuan.

Ada banyak persoalan yang dihadapi petani saat ini, mulai serangan hama tikus yang mengakibatkan gagal panen dan juga terkait pengelolaan sistem irigasi dan saluran yang terhambat, serta kurangnya pemberdayaan petani perempuan," keluh Zainul salah satu petani Desa Tampingmojo kepada RMOL usai bertemu dengan anggota DPR RI Fraksi PPP, Ema Ummiyatul Chusna.

Dengan adanya keluhan dari petani langsung ini, anggota DPR RI Komisi IV, Ema Ummiyatul Chusna akan berupaya menyampaikan aspirasi masyarakat ini kepada Kementrian Pertanian dan bagaimana nanti solusi tentang penanganan hama tikus juga keluhan-keluhan petani yang lain.

Kunjungan spesifik ini mendengarkan secara langsung keluhan petani di Desa Tampingmojo, salah satunya hama tikus. Jadi, kita harus tahu dan bagaimana nanti solusi tentang penanganan hama tikus yang nanti aspirasi ini dibawah ke Kementrian Pertanian," terang Neng Ema panggilan akrab Politisi PPP yang pernah menjabat Ketua PC Fatayat Jombang.

Selain keluhan tentang hama tikus, para petani ini juga menyampaikan aspirasinya terkait persoalan lainnya kepada anggota DPR RI Ema Ummiyatul Chusna yang didampingi Ketua Komisi B DPRD Jombang, Sunardi, dan juga Penyuluh Pertanian Kecamatan Tembelang, dan Kepala Desa Tamping Mojo.

Tadi, banyak sekali yang disampaikan tentang bagaimana penanganan hama tikus, bagaimana subsidi pupuk biar tepat sasaran. Dan terkait pengurangan subsidi, mereka mengikuti aturan pemerintah, tapi jangan terlalu banyak, paling tidak bisa mencukupi kebutuhan petani," beber Neng Ema.

Ada juga permintaan terkait pemberdayaan perempuan-perempuan tani. Supaya bisa terlibat dalam kesibukan membantu pertanian dengan program menanam dan memanen dihalaman pekarangan rumah," imbuh Cucu Pahlawan Nasional KH Wahab Chasbulloh.

Terkait upaya yang dilakukan tentang keluhan-keluhan para petani tersebut, Ema Ummiyatul Chusna memastikan akan mengawal sampai tuntas bagaimana dan program yang bisa disalurkan kepada petani di Jombang.

Iya, pasti kita dengar, kita upayakan, dan Insyaalloh, saya akan berjuang agar program itu dapat terserap oleh petani di Jombang dan bisa membawa kesejahteraan petani," pungkasnya.