Pengamat: Amien Rais Tak Lagi Determinan

Pengaruh salah satu pendiri PAN, Amien Rais dalam Kongres V PAN sudah tidak lagi menjadi penentu kemenangan figur calon ketua umum.


Begitu dikatakan Direktur Exposit Strategic Political, Arif Susanto soal kericuhan yang terjadi di arena Kongres V PAN. "Saya pikir pengaruh Pak Amien masih kuat, tapi sudah tidak lagi menjadi faktor determinan (penentu)," ujar Arif.

Arif melihat satu hal berbeda dalam Kongres PAN yang dia duga sebagai faktor dibalik adanya kericuhan yang disebut-sebut dilakukan pendukung calon ketua umum, Mulfachri Harahap.

Hal pembeda itu adalah Mulfachri mencalonkan diri sekaligus mengajukan putera Amien Rais, Hanafi Rais sebagai sekretaris jenderal.

"Keterlibatan emosional berbeda karena keterlibatan putera beliau. Saya kira keterlibatan emosional ini yang menambah kompleksitas bahwa pengaruh PAN Amien tidak sebesar dulu," jelasnya.

"Kan berbeda dengan calon lain, Zulhas, Dradjad kan tidak mengajukan definitif untuk sekjen. Ini (Mulfachri) satu-satunya preseden ketika ketua umum sama sekjen ditawarkan bersmaaan kepada pemilik suara," demikian Arif.