Tiga Alasan Relawan Semanggi Suroboyo Dukung Cak Angga

Relawan Semanggi Suroboyo (RSS) meyambut positif kehadiran Sutjipto Joe Angga (Cak Angga) dalam bursa calon Wali Kota Surabaya.


Ada tiga tiga alasan RSS mendukung tokoh pengusaha dan mantan pengurus PSSI Jawa Timur tersebut.

"Kami mendukung Cak Angga, pertama karena beliau kader lawas PDIP, partai nasionalis sejati yang meneruskan DNA Bung Karno. Cak Angga juga berjasa ketika menolong para kader yang diserang dalam peristiwa Kudatuli," kata Ketua RSS Radit Anggara di Surabaya seperti dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Senin (10/2).

Kedua, Cak Angga, kata Radit, memahami Surabaya, baik dari sisi ekonomi, politik, maupun budayanya. Contohnya, dia sudah beri penjelasan runtut tentang bagaimana menyelesaikan urusan tanah surat ijo.

“Apa lagi beliau janji komitmen politik dengan warga, jika beliau gagal selesaikan surat ijo, maka beliau mundur dari jabatan," imbuhnya.

Ketiga, Cak Angga orangnya tidak arogan.

“Kami lihat beliau orangnya rendah hati. Itu penting, karena orang yang low profile biasanya berisi. Sepi ing pamrih, rame ing gawe, kami lihat Cak Angga orangnya seperti itu."

Meski ada nama-nama Bacawali tangguh seperti Machfud Arifin, Eri Cahyadi, Gus Hans, Armuji, Dhimas Anugrah, Untung Suropati, Dyah Katarina, Gamal Albinsaid, dan Firman Syah Ali, namun RSS tetap konsisten mendukung Cak Angga.

Nama Cak Angga sendiri mulai mencuat ke publik sejak dirinya mengikuti konvensi calon Wali Kota/Wakil Wali Kota yang diadakan DPD PDIP Jawa Timur 2019 lalu.

Ia dikenal dengan konsep "Sintasan" yang mengelaborasikan konsistensi, integritas, dan kepedulian dalam memimpin suatu organisasi, bahkan daerah.

Cak Angga memiliki konsep Sintasan yang telah menjadi kiat suksesnya dalam membangun beberapa perusahaan.

Ia mengtatakan, selain harus cermat mengatur waktu, cermat melihat peluang, sampai cermat mengambil keputusan, para pemimpin atau pelaku wajib memiliki konsistensi.

Konsistensi, menurut Angga adalah faktor yang sangat penting dalam menyokong kecermatan seseorang bisa berbuah sukses. Konsistensi adalah usaha untuk terus-menerus melakukan sesuatu sampai pada tercapai tujuan akhir.

Lulusan West College London Inggris itu mengatakan, sikap konsisten dapat menjadikan seseorang dari "zero" menjadi "hero."

Usaha kecil yang dilakukan dengan konsisten atau tekun akan menghasilkan manfaat yang sangat besar. Sebagai contoh, seorang pengusaha meraih keberhasilan kalau ia konsisten dalam berusaha, kata Cak Angga.

Ia menilai, kegagalan banyak orang dalam berbagai bidang sering disebabkan inkonsistensi atau tidak tekun dalam menjalankan usaha, bahkan berhenti atau berputus asa sebelum mencapai target.

"Saya juga pengusaha, jadi saya bisa membagikan kiat ini. Berbagai permasalahan yang muncul bisa diatasi dengan konsistensi yang baik sehingga usaha atau pekerjaan tidak terpuruk. Konsistensi adalah salah satu kunci keberhasilan," kata Angga kepada wartawan beberapa waktu lalu.